Reciprocal Teaching


Sesuai dengan pesanan Pradip, kemenakan Mbah Janti yang kebetulan sedang meyusun skripsi tentang ini, maka dalam tulisan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang hal ini. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan reciprocal teaching? Ada yang secara eksplisit mengalih bahasakan “reciprocal teaching” sebagai “pembelajaran terbalik” saya sendiri kok kurang sefaham ya, karena setelah dikaji sepertinya maknanya bukan pembelajaran terbalik melainkan terdapatnya timbal-balik dalam interaksi pembelajaran yang berlangsung. Usut punya usut pembelajaran resiprokal ini (Saya lebih senang menggunakan istilah ini, yang saya buat-buat sendiri.red) awalnya dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar dalam membaca teks. Pendekatan pembelajaran ini dimunculkan oleh Palinscar tahun 1982 ketika dia menemukan beberapa muridnya yang mengalami kesulitan dalam memahami sebuah teks bacaan. Seorang siswa dapat saja membaca sekumpulan huruf yang membentuk kata namun ternyata untuk memahami makna dari teks yang dibacanya tidak semudah melafalkan bacaan tersebut. Nah, inilah masalah yang melatarbelakangi kemunculan metode pembelajaran resiprokal . Sedangkan pengajaran reciprocal bertujuan untuk memberikan teknik atau strategi pada para siswa agar dapat mencegah terjadinya kegagalan kognitif dalam kegiatan membaca.

Menurut Palinscar dan Brown (1984) setidaknya terdapat empat strategi dasar yang terlibat dalam proses pembelajaran reciprocal yaitu, melakukan klarifikasi, membuat prediksi, bertanya dan membuat kesimpulan. Adapun penjelasan untuk masing-masing strategi adalah sebagai berikut;

a. Klarifikasi

Dalam suatu aktifitas membaca mungkin saja seorang siswa menganggap pengucapan kata yang benar adalah hal yang terpenting walaupun mereka tidak memahami makna dari kata-kata yang diucapkan tersebut. Siswa diminta untuk mencerna makna dari kata-kata atau kalimat-kalimat yang tidak familier, apakah meraka dapat memaknai maksud dari suatu paragraph. Secara teknis hal ini dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti;

“Apa maksud dari kalimat tersebut?”

“Kata apa yang dapat menggantikan kata tersebut?”

“Kata atau konsep apa yang perlu diklarifikasi dari paragraph ini?”

b. Membuat prediksi

Pada tahap ini pembaca diajak untuk melibatkan pengetahuan yang sudah diperolehnya dahulu untuk digabungkan dengan informasi yang diperoleh dari teks yang dibaca untuk kemudian digunakan dalam mengimajinasikan kemungkinan yang akan terjadi berdasar atas gabungan informasi yang sudah dimilikinya. Setidaknya siswa diharapkan dapat membuat dugaan tentang topic dari paragraph selanjutnya. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan secara teknis adalah sebagai berikut;

“dari judul dan ilustrasi gambar yang ada dapatkah kau menerka apa topik tulisan ini?”

“Coba pikirkan dari apa yang sudah kita baca dan diskusikan kira-kira apa yang akan terjadi nanti?”

c. Bertanya

Strategi bertanya ini digunakan untuk memonitor dan mengevalusi sejauhmana pemahaman pembaca terhadap bahan bacaan. Pembaca dalam hal ini siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada dirinya sendiri, teknik ini seperti sebuah proses metakognitif. Bentuk-bentuk pertanyaan yang diajukan dapat beragam, berikut beberapa contohnya;

“Apa yang kau pikirkan ketika kau membaca teks tersebut?”

“Pertanyaan apa saja yang dapat kau ajukan setelah kau membaca teks tersebut?”

“Topik apa yang membuatmu tertarik untuk membaca teks ini?”

d. Membuat Rangkuman

Dalam membuat rangkuman dibutuhkan kemampuan untuk dapat membedakan hal-hal yang penting dan hal-hal yang tidak penting. Menentukan intisari dari teks bacaan tersebut. beberapa pertanyaan-pertanyaan umum yang dapat diajukan antara lain;

“Apa yang penulis ingin sampaikan melalui teks tersebut?”

“Apa informasi paling penting dari bacaan ini?”

“Dapatkah saya menggunakan bahasa saya sendiri untuk mengutarakan kembali isi dari tulisan ini?”

Pada dasarnya pembelajaran resiprokal menekakan pada siswa untuk bekerja dalam suatu kelompok yang dibentuk sedemikian hingga agar setiap anggotanya dapat berkomunikasi dengan nyaman dalam menyampaikan pendapat ataupun bertanya dalam rangka bertukar pengalaman keberhasilan belajar satu dengan lainnya. Salah satu dasar dari pembelajaran resiprokal ini adalah teori Vygotsky yaitu dialog dalam suatu interaksi social sebagai dasar pokok dalam proses pembentukan pengetahuan. Menurut beliau berpikir keras dan mendiskusikan hasil pemikirannya dapat membantu proses kalrifikasi dan revisi dalam berpikir pada saat belajar. Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, dalam pelaksanaan awalnya guru menjadi leader atau contoh dalam mempraktekan keempat startegi yang diuraikan di atas. Kemudian siswa diminta untuk melakukannya bersama teman-teman dalam suatu kelompok yang tidak kurang dari 4 orang dan tidak lebih dari 6 siswa. Sehingga jelas dalam pelaksanaannya model ini tidak lepas dari pendekatan pembelajaran kooperatif. Selain itu, yang perlu ditekankan adalah pendekatan dialogis dalam pembelajaran baik antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan dialog yang baik serta teliti dan peka dalam mengamati. Pada prosesnya, mungkin saja siswa-siswa yang memiliki kecenderungan diam, guru harus melakukan teknik scaffolding untuk membangkitkan keaktifan siswa.

Jika dikaitkan dengan pembelajaran matematika, saya jadi teringat dengan tulisan saya yang diposting dalam bahasa Ingggris beberapa waktu yang lalu yang berjudul “It’s About Reading Mathematics”. Jika berkaca dari tulisan tersebut pada dasarnya kemampuan membaca literature matematika memang masih menjadi suatu masalah besar yang tentu saja berdampak langsung pada prestasi belajar matematika siswa, dan keberadaan model pembelajaran resiprokal ini dapat menjadi sebuah peluang solusi yang dapat diteliti lebih lanjut tentu saja dengan penyesuaian-penyesuaian terhadap bentuk dari literature matematika yang unik. Ketika saya mengkaji beberapa bahan tentang pembelajaran resiprokal ini saya teringat dengan salah satu dosen saya di sini, Prof. Yaya. Saya ingat beberapa kali di dalam kelas beliau mengajak kami mahasiswa S2 untuk membaca sebuah teks matematika yang kala itu berbahasa Inggris satu persatu di dalam kelas. Awalnya saya sedikit heran, namun kala itu saya berpikir bahwa beliau ingin mengkaji sejauh mana kemampuan berbahasa inggris kami karena beliau juga melakukan koreksi terhadap spelling kami, selain itu saya juga berpikir bahwa barangkali beliau ingin mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman kami terhadap bahan bacaan dalam Bahasa inggris, karena beliau juga mengajukan beberapa pertanyaan. Sekarang saya tahu, apa yang sebetulnya beliau lakukan waktu itu adalah sebuah bentuk aplikasi dari model reciprocal teaching. J. Sebetulnya akan lebih menarik jika saya bisa sedikit memberikan contoh hasil dari ujicoba terbatas saya terhadap diri sendiri dalam membaca literature matematika dengan model ini, namun sayang saya belum sempat lakukan. Semoga lain kali dapat saya tampilkan dalam tulisan ini. Tentunya setelah dicoba ya,…

Situs Sumber Terkait:

http://digilib.unej.ac.id/print.php?id=gdlhub-gdl-grey-2008-rasunafitr-850&PHPSESSID=7556b7345f7a0ef9e18c9ff28c80810c

http://en.wikipedia.org/wiki/Reciprocal_teaching

http://www.newton.k12.ks.us/Dist/curr/bp/lit/reciprocal_teaching.htm

http://www.ncrel.org/sdrs/areas/issues/students/atrisk/at6lk38.htm

http://ind.sps.upi.edu/?p=167

http://www.ingentaconnect.com/content/routledg/urwl/2004/00000020/00000002/art00009

http://www.beyond-the-book.com/strategies/strategies_052808.html

http://projects.coe.uga.edu/epltt/index.php?title=Reciprocal_Teaching

72 thoughts on “Reciprocal Teaching

  1. salam……….. mba, saya tertarik sekali dengan isinya. kebetulan saya mahasiswa jurusan matematika. kalo menurut saya reciprocal teaching : pengajaran terbalik, bukan pembelajaran, dari kata teaching itu sendiri. hehe….. atau gimana sichhhh???? saya tertarikkk banget..!!kebetulan saya ingin melakukan penelitian mengenai pendekatan ini. tapi… masih rada2 bingung, pa lagi saya masih butuh banyak referensi. mba, saya minta tolong referensi sama penjelasan yang lebih banyak…… bisa ya…. tolong kirim ke alamat email saya !!!

  2. Salam juga Mba Heni,…

    Iya memang topik ini menarik dikaji dalam pembelajaran matematika.

    ya,.. kalau mengartikannya polos dari kata “Reciprocal teaching” memang seperti pendapat mba heni. Tapi, jika meninjau lebih jauh makna dari proses ini, saya cenderung membuat istilah saya sendiri “pembelajaran resiprokal”. Karena pada dasarnya dalam implementasinya porsi proses belajar lebih besar daripada proses mengajarnya.

    Untuk referensi yang diminta hingga saat ini, sumber saya masih terbatas dari internet. dan sudah saya sertakan dalam postingan saya di atas silahkan dicoba. Ia jika saya dapat sumebr lain akan saya berikan.

    trims…

  3. Assalamualaikum..
    mba saya akan melakukan penelitian skripsi tentang penggunaan model reciprocal teaching, saya sudah seminar proposal tapi ditanya oleh dosen pembahas saya “bagaimana sebenarnya langkah-langkah dalam menerapkan model ini pada pembelajaran? dan apa bedanya model ini dengan metode konvensional biasa?”…pertanyaan2 tersebut muncul dari dosen pembahas saya mungkin karena saat seminar saya terlihat kurang memahami model ini, dan memang saya akui saya belum sepenuhnya paham bagaimana pelaksanaan model ini nantinya dalam pembelajaran…mohon beri penjelasan lebih lanjut mba, dengan bahasa yang fleksibel dan mudah dipahami, trimakasih sekalii (via email ya mba:firmnessheart@yahoo.com

  4. Alaikumsalam Santi,…

    Ok deh nanti saya coba usahakan, tapi tidak dalam waktu dekat ya,….:)

    thanks

  5. Ass. Maaf Mba klo blh tahu model pembelajaran dengan “Reciprocal teaching ” ini klo di terapkan pada matematika, apa bisa ?
    langkah-langkahnya seperti apa?

  6. assalamu’alaikum…….
    mba, q dh baca beberapa penjelasan ttg Reciprocal Teaching ini,,,,,, tapi, q masih agak bingung. mba, bagaimana siCh… klo soal matematika (misal ttg pemecahan masalah), dlm Reciprocal Teaching, pertanyaannya bagaimana ? n persoalan yg diberikan seperti pa? mba, tolong penjelasannya pd sesi “Questioning”. pertanyaan yg bagaimana?? makasih mba…

  7. Alaikumsalam,…

    Mba,.. aku coba ulas sedikit dipostingan terbaru contoh tentang implementasi reciprocal teaching dalam pembelajaran matematika, postingan ini juga sekaligus menjawab comment-nya Dika. semoga bermanfaat ya.

    Thanks.

  8. assalamualaikum,
    mba mau nanya kalo reciprocal teaching bisa ngga y diterapkan di mata pelajaran elektro,thanks

  9. Assalamu’alaikm,

    lam knal mba,

    mo nanya neh, nyari buku 2 ttg reciprocal teaching judulnya apa z yah?

    trus karakteristik materi ajar yg cocok mnggunakan mtode ini yg seperti apa mba?

    makasih sebelumnya….

  10. Alaikumsalam,…

    Salam kenal kembali. Kalau untuk buku saya belum punya. :)
    untuk karakteristik materi belum sempat say akaji lebih lanjut. IA jika sudah memungkinkan akan saya bahas kembali ya,…

    Thanks….

  11. Assalamualaikum….

    Salam kenal mbak…

    mau nanya, saya tertarik sekali dengan model pembelajaran reciprocal teaching, dan rencananya akan saya buat untuk skripsi. apakah metode ini cocock untuk mata pelajaran Biologi? dan apakah ada referensi yang menunjang untuk memperkuat judul yang berkaitan dengan metode ini.
    thanks be4 ya mbak….

  12. Alaikumsalam Wr. Wb

    Salam kenal juga Rya…..

    Berkaitan dengan pertanyaan Rya, maka yang lebih tahu tentunya Guru Biologi karena saya tidak memahami karakteristik mata pelajaran biologi secara baik. Untuk dapat memutuskan cocok atau tidak coba Rya analisis dulu kompetensi yang diharapkan pada pelajaran biologi nah kemudian disinkronkan dengan fokus dari metode reciprocal teaching ini. sedikit gambaran mungkin begini, jika memang menurut data atau pengalaman memang ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam memahami text biologi masih rendah maka memungkinkan metode ini diterapkan.
    Untuk referensi yang saya miliki saat ini masih terbatas pada link-link yang tertera dalam tulisan ini.

    Terima kasih. Semoga sukses dengan skripsinya.

  13. Hallo mbak, salam kenal…
    Saya sangat tertarik dengan metode reciprocal teaching dalam pembelajaran matematika. Rencananya saya ingin mengambil topik tentang reciprocal teaching untuk skripsi saya. Say butuh lebih banyak referensi. Bisa tolong kirim ke email saya mbak. Trima kasih sebelumnya.

  14. assalamualaikum mba farida,,,,,,,,,,,,,
    saya sedang menyelesaikan skripsi dengan menggunakan metode reciprocal teaching.Tetapi saya mengalami kendala di langkah-langkah mengajarnya,msie kurang jelas………..
    begaimana perenapan mengajar ke siswa supaya lebih efisien….terimakasi mba

  15. assalamualaikum mbak…
    mbak,,, saya ingin melakukan penelitian dengan menggunakan reciprocal teaching, pada pokok bahasan operasi bilangan berpangkat. apa materi ini cocok jika saya gunakan metode reciprocal mbak?????????
    kalau nggak cocok, tolong dounk mbak kasih saran buat materi yang cocok…
    selain itu mbak, saya juga kesulitan menemukan referensi buku mengenai reciprocal teaching ini mbak.. boleh kan mbak saya dibagi referensinya….. :-)

  16. ass….mbak apakah metode ini termasuk metode baru??
    tolong di jelaskan lebih detail lagi??trimakasih

  17. Untuk pertanyaan yang berkaitan dengan topik Reciprocal teaching,…. saya tidak akan menjawab pertanyaan yang sudah pernah ditanyakan sebelumnya. misal sumber referensi , silahkan dilihat dari coment-coment sebelumnya.

    To Dini: Suatu metode dikatakan baru tergantung pada pengguna kalau pengguna belum pernah pakai ya,.. bisa dibilang baru donk. tapi kalau sudah tahu atau sudah pernah encoba ya tidak baru lagi donk.

  18. aslamualaikum. teh farida, saya berlian. saya ingin bertanya tentang reciprocal teaching. skarang saya lagi menggarap skripsi tentang model reciprocal teaching pada konsep larutan penyangga. menurut teteh gmn? apakah cocok apa tidak, antara konsep dengan model? kalo cocok gmn cara mengaplikasikannya? saya sedikit kebingungan. mudah-mudahan teh farida bisa membantu saya. trimakasih

  19. Alaikumsalam Berlian,…

    Ok jujur saja saya tidak dapat memberikan banyak masukan atau bahkan mungkin tidak sama sekali. karena saya sendiri sudah lupa tentang konsep larutan penyangga (dalam kimia ya? ). cobalah analisis sendiri tentang karakteristik topik tersebut dengan akrakteristik model pembelajaran ini, dengan melihat kompetensi dasar serta indikator-indikator yang ingin dicapai dalam pembelajaran pada topik tersebut.
    Oya,.. satu saran saya ketika memilih suatu judul skripsi jika memungkinkan jangan asal memasangkan sebuah model pembelajaran dengan topik tertentu tanpa mengetahui lebih dulu karakteristik keduanya.

    ok deh selamat berpikir! :)

  20. asss….salam kenal, mbak ni yeyet..mabak saya tertarik dengan model pembelajran ini,,trus saya berniat buat melakukan penelitian pendidikan kimia dengan model ini,, tapi mbak kira2 ada ga jurnal penelitian internasional yang menggunakan model resiprocal teaching ini ga?..kalo ada boleh minta alamat or websitenya?//makasih mbak…

  21. aslmkm, mba sy tertarik sekali dgn pmbhasan ini, setelah sy baca, mash ada yang mengganjel kira-kira keuntungan dan kerugian dari reciprocal teaching apa ya, terutama bagi seorang guru, mohon informasinya,. jika berkenan tlg kirimkan ke alamt email saya mba…..trm kash sebelumnya

  22. makasih y mba farida…..
    tapi saya ingin tahu bagaimana cara yang baku untuk melaksanakan karakteristik dari pembelajaran reciprocal teaching didalam kelas? soalnya yang saya baca urutan menjalankan karakteristik yang empat (membaca,membuat pertanyaan,menjelasklan dan membuat prediksi), beda-beda…. yang baku nya seperti apa?

  23. ass mbak.klu utk peljaran ekonomi atw akuntansi bsa egk pke reciprocal teaching?klu bsa apa refensi nya?saya mau buat skripsi ttg reciprocal teaching ini mbak.tlong ya mbak……….. mksih…..blas ke email saya ya mbak

  24. mbak farida salam kenal,
    saya sekarang sedang melakukan penelitian dalam pelajaran Bahasa Inggris, menggunakan pengajaran Resiprokal ini, namun seperti yang saya baca dihalaman-halaman internet, belum banyak yang melakukan oenelitian dengan metode ini, saya mengalami kekurangan dalam sumber-sumber buku yang saya bisa jadikan referensi untuk penelitian saya, apakah mbak bisa membantu untuk itu? kemudian instrument-insstrument apa saja yang saya perlukan untuk penerapan metode ini dalam penelitian saya.
    Terima kasih

  25. siang mba….
    kebetulan proposal bt skripsi sy nanti jdlnya model pembelajran reciprocal teaching tlg mbak ksi referensiny krm k email sy y mbak
    mksi

  26. mba… kemarin saya maju seminar kelas, tapi ditanya ama dosen tenteng prosedur baku model reciprocal teaching itu seperti apa? saya belum begitu mengerti prosedur bakunya.. Tolong dikirimkan ke e-mail saya ya mba….!!!!

  27. mba,,,saya sngt tertrk dengan karyanya namun saya msh bngg dengan reciprocal teaching trsbt,kbtln saya seorang mhs yang ingn mengadakn penelitian dengan model ini dan skrg lg mmbthkn referensi yang lbh bnyk…….. mbak bnt g krm referensi dan penjelasan yang lbh detail klo bs krm k e-mail saya y!

  28. ass,mba bingung neh mau nyusun skripsi, tapi g tw buku” na apa aja ttg reciprocal teaching.tlng dunk mba,bantu saya….

  29. ass,,
    mb sy mhasiswa pmat.. sy tertarik tntng reciprocal teach..
    dmn sy bs mndapat referensinya?bls d email jg gpp,,
    mksih

  30. ass.. mba saya mahasiswa tahun akhir di Universitas Bung hatta program studi pendidikan matematika.. kebetulan saya menulis skripsi tentang reciprocal teaching ini, yang ingin saya tanyakan apa prosedur harian dari reciprocal teaching ini???

  31. assalamu’alaikum mba..
    mba saya tertarik untuk memakai metoda ini untuk penelitian saya.. yang ingin saya tanyakan apakah metoda ini hanya terbatas pada konsep yang berupa bcaan?? apakah bisa diterapkan pada konsep yang ada praktikum’y?? terimakasih..

  32. Karea ini berawal dari dunia pendidikan bahasa, khususnya terkait dengan peningkatan kemampuan pemahaman melalui bacaan, saya belum bisa menjawab bila dikaitkan dengan konsep yang ada praktikumnya. mungkin harus dikaji dulu jenis praktikumnya…

  33. Waduh maaf, saya tidak mengerti dengan yang anda maksud dengan “prosedur harian” itu, jadi saya belum bisa jawab pertanyaannnya….

  34. Assalamu’alaikum.
    Mba Ida apa kabarnya?
    Baik-baik kan.. ^^

    Waduh, kok jadi banyak ya yang bertanya tentang Reciprocal teaching.. maaf ya mba kalo mba jadi banyak ditanya sama peneliti reciprocal teaching. semoga jadi nambah ilmu juga buat mba ida.

    Mba, Alhamdulillah saya udah selesai penilitian dengan Reciprocal Teaching, namun saya masih terkendala dalam penulisan laporan penelitian.

    Oh iya, mungkin bisa jadi referensi tambahan buat para peneliti Reciprocal Teaching. coba cari buku yang berjudul

    1.) Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik. Edisi ke-8 jilid 2. Pengarang: Robert E. Slavin. penerbit: Indeks.

    2.) Model-model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivis. Pengaran: Trianto. Penerbit: Pustaka Publisher.

    Selamat Mencoba.

    Mba, makasih buat artikel awal yang mba buat tentang Reciprocal Teaching. Semoga mba selalu dimudahkan dalam segala urusan.

    Wassalam.

  35. Waalaykumsalam,…
    Alhamdulillah baik, Pradip. semoga kamu juga begitu ya,….

    Wah, Alhamdulillah Dip, pertanyaan kamu juga secara tidak langsung menginspirasi banyak orang lho…

    Thanks ya atas infonya. Semoga laporannya cepet selesai Dip.

    Wassalam

  36. slm kenal Mbak…..
    Maaf mengganggu ya saya jurusan bahasa Inggris tertarik dengan reciprocal teaching strategy ne sangat cocok utk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa didlam membaca karena metode ini menampilkan 4 kegiatan pemahaman, yaitu : Qustioning, Claryfying, summrizing & predicting. Lalu pertanyaan saya adalah menurut mbak Ida bagaimana kita agar lebih efektif dan efesien didalam memodelkan metode pada saat kita mengajar?

  37. aslm, mb setelah say baca-baca skripsi dan tesis mengenai reciprocal teaching. ternyata model tersebut dapat diterapakan di biologi. tapi mb masalahnya referensi untuk buku belum ada gmna ya mb??

  38. Ass………….
    Salam kenal mbak ida, saya guru matematika di Masel (Malang selatan) , ingin tahu tentang :
    1. reciprocal teaching ini termasuk metode pembelajaran atau model pembelajaran.

    2. Kalau reciprocal teaching ini termasuk keduanya ? Strategi pembelajarannya bagaimana ?

    3. Apakah tidak menyalahi kalau dalam pembelajaran reciprocal ini pada akhir pembelajaran guru menyimpulkan bersama siswa tentang materinya. Mohon jawaban ditulis ditempat pesan di blogg saya dengan alamat http://www.nyachya.blogspot.com

    Trim’s
    Wasalamu’alaikum wr wbr.

  39. Mbak saya lg mmbuat skripsi ttg reciprocal teaching tp blm ktemu kelebihan dan kekurangan nya
    tlong ya

  40. Ass…

    saya mahasiswa jurusan pgsd,saya sngat tertarik tentang reciprocal teaching untuk bahan skripsi..tp kendalanya ada pada strategi dan model pembelajarannya…tlong infonya ya mba….salam hormatku

    wassalamu alaikum.wr.wb

  41. ass. mba saya lg nyusun skripsi tentang reciprocal teaching jurusan matematika, tp kendalanya saya baru menemukan sedikit referensiny…tlng ya mba infony???

  42. Wa alaikumsalam Rekma,…

    referensi yang saya punya ya,.. yang sudah saya up load di blog ini, silahkan di akses ya,… semoga bermanfaat…

  43. assalamu’ailkum. mbak ada tidak buku tentang reciprocal teaching. lw ada saya mohon mbak saya butuh buku itu bs tidak membelinya.

  44. Assalamu’alaikum… mba sy mhasiswa pend. geografi smester 7, rencana mw bwt proposal usulan penelitian… sy dapat mslh disekolah itu kurangnya minat baca siswa sehingga berpengaruh ke hasil belajar mereka.. menurut sy kurangnya minat baca ini bukan hanya msalah beberapa siswa sj tetapi secara kseluruhan masyarakat skrg minat bacanya kurang.. trs dpt metode reciprocal teaching di artikel trs baca lg tulisan mba sy jd mkin tertarik dengan metode ini,,, menurut mba cocok nda dengan msalah yg sy jlaskan?? tq

  45. mba klau punya referensi tentang reciprocal teaching, kirimin ke emailQ ya…. Syukron mba… ^_^

  46. mbak…thanks untuk tulisannya…saya tertarik dengan model ini tapi masih kekurangan refensi…apakah bisa bantu saya dalam hal referensi?

  47. assalamu’ailkum. mbak farida, minta infonya untuk cari buku tentang reciprocal teaching ya?..penting banget buat referensi skripsi saya…trimaksih atas bantuannya…

  48. asslkm…?
    mba’ skrang saya lagi nyusun skripsi dan saya menggunakan model pembelajaran resiprokal tapi belum tau secara detail apa kelemahan dan kekurangan…

    tLong infonya dong…..!!!

  49. Www,….
    Mba, Resiprocal teaching bisa jadi model sekaligus jadi strategi juga,…. tergantung sudut pandang yang mau dipakai… :)

  50. assalamualaikum mb,,,saya anggar..
    gini mb saya mau tanya judul buku, pengarang dan penerbitnya yang bisa dijadikan referensi tentang reciprocal teaching,,,soalnya saya mencari susah sekali..tolong kirim ke email saya aja ya mb,,terimakasih sebelumnya…

  51. mba beli buku tentang resiprocal teaching dimana yah? bls cepet yah mba.. mkash seblumnya saya d daerah bandung

  52. Wah,… saya juga tidak tahu pasti Yoga. Coba ke Gramedia dulu, kalau tidak ada, coba di Toga Mas, Nah, kalau belum ketemu juga coba deh ke Palasari ke Toko yang paling besar itu lho…

  53. asslm mba.. saya nevi
    btw sya masih bingung sbnrnya reciprocal teaching ini pendekatan, model atau metode sih?

  54. assalamu’alaikum,,,,,
    mba aku wiko dari merak-banten,,,
    bagaimana praktek’a reciprocal teaching ini didalam kelas,,, ????
    aku masih bingung,,,
    dan beli buku tentang reciprokal teaching dimana yah??

  55. Bisa minta tolong kirim judul buku yang terkait dengan pembahasan diatas, mau dijadikan daftar pustaka. Mohon bantuannya.

  56. mba, saya mau tanya… apakah oendekatan reciprocal teaching bisa diterapkan pada siswa SMK untuk pembahasan program linier…? karena sy masih bingung mau melakukan penelitian di jenjang pendidikan apa dan materi apa yg tepat

    sy tunggu jawabannya segera ya mba… thx before

  57. mba, reciprocal teaching ini bisa tidak diterapkan untuk mapel bahasa inggris kelas IX tentang narative text? satu lagi mbe, saya sekarang sedang membuat proposal dengan judul reciprocal questioning. pertanyaan saya apakah reciprocal questioning ini sama tidak dengan reciprocal teaching ya?

  58. assalamkm,,,
    saya dian,, sedang menyusun skripsi tetang reciprocal teaching juga,,
    sama kaya yg lain, saya butuh buku sumber nya tentang reciprocal teaching,,
    apabila teman2 sudah ada yg punya sharing ya ,,ke email saya diyan_mars@yahoo.co.id

    terimaksh bnyak sebelumnya,,, wassalam

  59. Mba Debby,… untuk referensi bukunya saya tidak ada, namun dalam postingan saya sudah saya sertakan sumber-sumber terkait yang dapat diakses langsung.

  60. waalaykumsalam,…
    untuk penelitian itu sebenarnya sebaiknya gunakan sumber berupa jurnal bukan buku karena jurnal itu lebih up to date. oya,.. sumber-sumber sudah saya sertakan di dalam tulisan saya silahkan diakses langsung…
    atau lihat komen-komen sebelumnya

  61. Mba April,…. maaf media apa yang Anda maksud dalam tulisan ini?
    jika punya pertanyaan atau ingin diskusi lanjut silahkan hubungi saya di YM dengan Id : f4121da_n atau Fb dengan ID: farida nurhasanah

Leave a Reply

