Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika


learning-math Sebelum saya mencoba memaparkan tentang pembelajaran resiprokal dalam matematika, saya berusaha untuk mengingatkan Mba Heni, bila ingin melakukan penelitian menggunakan strategi ini, maka perlu dipertimbangkan bahwa “goals” penelitiannya tidak boleh jauh-jauh dari karakteristik utama pembelajaran ini. Mudahnya begini, pembelajaran ini lahir dari bidang kajian bahasa, untuk meningkatkan kualitas kemampuan membaca siswa. Nah, jika Mba Heni ingin menerapkannya dalam pembelajaran matematika, semestinya jangan terlalu jauh dari karakteristik dasar strategi ini. Namun demikian, tidak menafikkan bahwa strategi inipun dapat diperluas untuk mengembangkan berbagai kompetensi lain. Berkaitan dengan pertanyaan Mba Heni, Perlu diingat bahwa penyelesaian masalah atau problem solving itu, dapat dilihat dari dua sudut pandang, yang pertama sebagai sebuah cara/proses sedangkan yang kedua sebagai kemampuan. Nah, yang dimaksudkan oleh Mba Heni yang mana?

Bila Strategi ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa, Mba Heni harus dapat menyakinkan orang bahwa memang terdapat kaitan antara strategi ini dengan kemampuan penyelesaian masalah, misalnya dengan merujuk pada hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Dalam jawaban ini, saya berasumsi bahwa problem solving yang dipakai dalam mengimplementasikan pembelajaran resiprokal ini adalah problem solving sebagai sebuah cara.

Berikut saya mencoba memberi contoh sederhana penerapannya dalam pembelajaran matematika;

a. Klarifikasi

Setelah bahan teks bacaan diberikan, ini dapat berupa teks mengenai konsep yang ingin diajarkan sekaligus berisi soal yang harus diselesaikan. Pada contoh ini, misalnya teks mengenai lingkaran. Sesuai dengan teorinya pada tahap ini, Siswa diminta untuk mencerna makna dari kata-kata atau kalimat-kalimat yang tidak familier. Maka dibuat pertanyaan apakah mereka mengerti arti kata atau konsep baru dalam teks tersebut, misalnya,

“Jadi apa yang dimaksud dengan lingkaran dalam teks ini?”

“Apa yang dimaksud dengan diameter, jari-jari?”

Karena dalam matematika suatu konsep yang diwakili oleh satu kata dapat memiliki pengertian yang cukup luas, ini berkaitan dengan definisi, sehingga pada tahap klarifikasi ini harus dicek apakah semua konsep baru dalam topik lingkaran sudah dipahami pengertiannya oleh siswa melalui dialog.

Bila dipadukan dengan pendekatan problem solving maka pada tahap ini dapat diberikan sekaligus permasalahannya misal:

“Dari titik P di luar lingkaran ditarik garis PA dan PB menyinggung lingkaran masing-masing di A dan B. dari titik Q di busur besar (atau busur kecil) AB, ditarik garis yang tegak lurus AB, PA, dan PB. Buktikan bahwa panjang garis yang tegak lurus ke AB adalah rata-rata geometri panjang dua garis tegak lurus lainnya”.

Pada langkah pertama ini perlu dicek apakah siswa sudah memahami kata-kata, kalimat-kalimat atau konsep-konsep dalam soal tersebut.

b. Prediksi

Pada tahap ini pembaca diajak untuk melibatkan pengetahuan yang sudah diperolehnya dahulu untuk digabungkan dengan informasi yang diperoleh dari teks yang dibaca untuk kemudian digunakan dalam mengimajinasikan kemungkinan yang akan terjadi berdasar atas gabungan informasi yang sudah dimilikinya. Dari uraian tersebut, jelas diketahui bahwa pada tahap ini diharapkan terjadi koneksi antara konsep yang baru dipelajarinya dengan yang sudah dimilikinya.

Misalnya, konsep lingkaran dengan konsep garis atau sudut. Contoh pertanyaannya,

“Menurutmu apakah lingkaran memiliki sudut?”

“Dapatkah kau melukis garis yang tegak lurus dengan diameter?”

“Bagaimana menghitung luas lingkaran?”

“Bila kita menggambar lingkaran B dengan diameter ½ dari lingkaran A, apakah dapat disimpulkan luas lingkaran B adalah ½ dari luas lingkaran A?”

Berkaitan dengan soal yang diberikan pada tahap prediksi dapat diajukan pertanyaan berikut:

“Konsep apa saja yang kau butuhkan untuk menyelesaikan soal tersebut?”

“Kira-kira langkah apa yang pertama kali harus dilakukan?”

c. Bertanya

Strategi bertanya ini digunakan untuk memonitor dan mengevalusi sejauhmana pemahaman pembaca terhadap bahan bacaan. Pembaca dalam hal ini siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada dirinya sendiri, teknik ini seperti sebuah proses metakognitif. Dari uraian tersebut jelas bahwa pada tahap ini siswa bertanya pada dirinya sendiri untuk melakukan crosscheck tentang apa yang sudah diperolehnya dari proses belajar dan apa yang belum dikuasainya dari keseluruhan konsep yang diajarkan oleh gurunya.

Jadi guru mengajarkan siswa untuk bertanya pada dirinya sendiri. Contoh pertanyaannya sebagai beikut:

“Apakah saya sudah memahami definisi lingkaran?”

“Dari semua definisi yang diberikan, adakah definisi yang belum saya fahami?”

“Apakah saya sudah bisa melukis sebuah lingkaran?”

“Langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk melukis garis singgung lingkaran?”

“Konsep apa yang paling mudah dan paling sulit dipahami dari topic lingkaran ini?”

Sedangkan berkaitan dengan penyelesaian soal di atas, dapat diajukan pertanyaan sebagai berikut:

“Apakah saya sudah faham langkah-langkah menyelesaikan soal tersebut?”

“Apakah jawaban saya ini sudah benar?”

“Apakah langkah-langkah yang saya lakukan ini sudah tepat?”

“Adakah cara lain untuk menyelesaikan soal tersebut?”

d. Membuat Rangkuman

Untuk tahap ini, tentu sudah jelas sekali yang paling sederhana adalah meminta siswa untuk membuat ikhtisar dari proses pembelajaran yang berlangsung beserta hasilnya menggunakan bahasa sendiri.

“Konsep baru apa saja yang kita pelajari dalam topik lingkaran ini?”

“Dapatkah saya menjelaskan konsep-konsep tersebut dengan bahasa saya sendiri?”

“Dapatkah saya menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan konsep ini?”

Berkaitan dengan soal yang diberikan, dapat diminta siswa untuk menuliskan jawaban yang lengkap beserta langkah-langkah yang dilakukan kemudian mereka minta untuk menjelaskannya.

Perlu diingat bahwa pembelajaran ini berbasis dialog dan keempat proses tersebut berlangsung dalam kelompok-kelompok kecil.

Saya sendiri lebih cenderung menganjurkan penggunaan pembelajaran resiprokal ini untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami konsep-konsep yang diajarkan pada Aljabar Abstrak atau Analisis Real dalam pembelajaran matematika. Karena berdasar karakteristik kedua kajian tersebut, pendekatan ini sangat sesuai untuk memahami definisi-definisi yang banyak terdapat dalam kedua bidang tersebut. Berdasar pengalaman saya selama ini, banyak kawan-kawan yang kesulitan membaca teks Alajabar Abstrak dan Analisis Real bahkan dalam Bahasa Indonesia sekalipun.

Ok,.. itulah sekilas contoh tentang pembelajaran resiprokal dalam pembelajaran matematika. semoga bermanfaat. Thanks atas pertanyaan Mba Heni.

60 thoughts on “Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika

  1. ya…. mba, makasih bangggetttt………… (pemecahan masalah sebagai kemampuan).
    makasih mba,,,,, sy coba baca-baca n pahami lagi…..
    tulisan mba bermanfaat banget…

  2. saya rika..
    wah saya senang membaca tentang reciprocal ini, karena saya sedang kesulitan menemukan sumber untuk skripsi saya. saya minta sumber nya dong,,buku atau artikel..
    saya sangat mengharapkan bantuannya,skripsi saya kekurangan sumber tentang reciprocal teaching ini.
    bisa kirimkan ke alamat email saya.terima kasih

  3. maaf mba sebelumnya…………………. klo banyak tanya…. mba,,, sy masih punya something lagi. mba, pertanyaan sy sm ky siapa kurang tahu namanya. mba, apa bdanya reciprocal teaching ma pemb. langsung? trus, di reciprocal teaching sebenarnya guru tetap menjelaskan materi tapi dengan pertanyaan2 (lebih ke dialog) gitu tw gimana ?? mba, makasih selalu……………

  4. Ok Mba Dewi silahkan saja, asalkan jangan lupa untuk mencantumkan sumber aslinya ya :)

  5. Mbak saya mau nanya. Apa ya nama buku n nama pengarang mengenai reciprocal teaching ini? Dan saya bisa beli di mana? Saya tinggal di medan.

  6. Waduh saya jadi bingung nih,.. bantuan seperti apa yang anda butuhkan sebetulnya. karena masih terlalu general permintaannya…:)

  7. mba, sya mw tanya kalau saya gunakan reciprocal teaching ini penelitiannya di SMA kelas X baiknya digunakan pada materi apa ya mba???
    makacie…

  8. aslm, mbak….
    saya bleh nanya ya mbak!!!?
    saya mau tanya bagaimana cara mengukur kemampuan berpikir kreatif itu?
    soalnya saya lagi nyusun proposal… tolong ya mbak…
    makasih…

  9. Waalaikumsalam Reta,…

    Tentu boleh saja tanya. Sebelum ingin mengukur kreatifitas lebih jauh, Reta harus tahu jenis kreatifitas yang mau di ukur terlebih dahulu. Misalnya, kreatifitas dalam bidang apa?….. Nah, jika sudah tahu, tentunya dibutuhkan suatu perangkat instrumen yang sesuai dengan kreatifitas yang dimaksud sama Reta. Perangkat instrumen ini ada yang sudah baku, atau dapat juga dibuat sendiri oleh Reta sesuai dengan indikator yang Reta miliki.
    Hm,.. pada situs berikut ini Reta bisa menemukan contoh bagaimana kreatifitas diukur: http://www.acsu.buffalo.edu/~stferry/. Nah, yang lainnya bisa dicari sendiri ya,…
    Semoga sukses….

  10. Oh iya, mungkin bisa jadi referensi tambahan buat para peneliti Reciprocal Teaching. coba cari buku yang berjudul

    1.) Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik. Edisi ke-8 jilid 2. Pengarang: Robert E. Slavin. penerbit: Indeks.

    2.) Model-model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivis. Pengaran: Trianto. Penerbit: Pustaka Publisher.

    Selamat Mencoba.

  11. Assalamu’alaikum Mbak….
    Maaf nich mbak boleh minta contoh Rpp nya yang membedakan Reciprocal teaching dengan pendekatan yang lain.
    Makasih banget, balasan saya tunggu.

  12. mbax,,sya mw tanya bagaiman penerapan Reciprocal teaching ini ke dalam materi bilangan berpangkat kelas IX SMP,,??
    makasih mbax,,

  13. Www,

    Maaf nih Mba Herly, untuk melihat contoh RPP tersebut,Mba Herly bisa berburu di perpustakaan UPI, UNESA atau UNJ, yang beberapa mahasiswa jurusan pendidikan matematika-nya sudah menulis thesis atau skripsi terkait topik ini. biasanya RPP terdapat pada lampirannya.
    silahkan mencoba. semoga berhasil!

  14. Untuk dapat menerapkan RT dalam suatu pembelajaran, perlu kajian yang seksama terlen\bih dahulu mengenai karakteristik materi yang akan diajarkan. Metode RT ini kan terkait dengan kemampuan siswa dalam membaca, apakah hal ini berkaitan dengan karakteristik materi bilangan berpangkat?

    Coba deh di kaji lebih lanjut dulu ya….

  15. asw mau nanya ada g buku khusus tentang model reciprocal ini? kalo ada apa? karakteristiknya pun kurang jelas dipaparkan

  16. mba kalo model ini diterapkan pada mata pelajaran tik?? bisa> kelemahan serta kelebihan model ini dibandning dengan moddel drill apa ya mba
    makasi………….banyak

  17. aslm, mbak saya bleh tanya gak mbak? kira2 jika materinya tentang sistem persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel bagaimana yach penerapannya dalam reciprocal teaching ?
    makasih mbak sebelumnya.

  18. Maaf bu, aq mw tw…
    menurut pendapat ibu reciprocal teaching ini cocok gak d gabungkn dengan strategi think-talk-write dalam pembelajaran matematika?

    krn menurut aq dr langkah2 strategi ttw ada mengkonstruksi ide2 dari bacaan…

    sedangkn reciprocal teaching jg berhub dengan bacaan…

    tp aq blm begitu yakin?

    aq sedang mw ngajuin judul utk thesis pnddkn mtk…

    mohon masukan na ya bu…
    tq b4

  19. Ade Irma, sepertinya ide kamu itu cukup bagus kok, coba saja ditelaah lebih lanjut, dan konsultasikan dengan pembimbing ya…
    semoga lancar. good luck! :)

  20. aslm
    bak mo nanya ni
    boleh gak brikan gmbaran contoh penerapan reciprocal teaching tuk pelajaran ekonomi
    trus mbak klo ntuk buku da g yg tntang reciprocal teaching

  21. Assalamu’alaikum…
    Mbak…mu tanya nih…bagaimana penerapan model reciprocal ini pada pembelajaran kimia…bisa ga dikaitkan dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa…
    Terima kasih Mbak…^^

  22. Alaykumsalam,..

    Mba Puspa, jika ditanya penerapan metode reciprocal teaching di pembelajaran kimia, saya tidak punya sumber yang bisa dibagi. Coba, kamu konsultasikan dengan dosen kamu yang paham tentang pembelajaran kimia. sepertinya mash mungkin kok diterapkan dalam pembelajarn kimia dan bisa juga dikaitkan dengan kompetensi lain seperti berpikir kritis juga.

    selamat mencoba deh :)

  23. ass… mb saya mw tanya…kalo kelemahan dari pembealajaran reciprocal teching itu sendiri ap mba?????

  24. Assalamu’alaikum. Mba Ida, Apa kabarnya sekarang? Udah balik ke Solo lagi ya? ^_^
    Mba, Alhamdulillah Skripsi saya beres dan disetujui mengenai Reciprocal Teaching setelah 3 kali penelitian ulang.
    Saya mau berterima kasih sama mba Ida atas bantuannya beberapa bulan lalu. Saya juga minta maaf kalo artikel mba tentang Reciprocal Teaching jadi banyak yang merespon dan merepotkan mba Ida..
    Saya coba bantu sebisa saya untuk ‘reply’ temen-temen yang bertanya tentang RT di artikelnya mba..
    Semoga sukses y mba..

  25. assalamu’alaikum mba…
    mau tanya langkah2 pembelajaran matematika dengan reciprocal teaching dalam pencapaian berpikir kreatif siswa di SMP donk..makasih ya mba,ditunggu info nya.

  26. Alaykumsalam Dani,
    langkah-langkah pembelajaran matematika dengan RT untuk mencapai kemampuan berpikir kreatif, itu suatu yang baru, harus diteliti dulu dong untuk bisa menjawab pertanyaan kamu ^_-.

  27. www Sutrawati….
    asumsi saya kemungkinan masih bisa digunakan di SD, dengan catatan siswa-siswanya sudah bisa membaca. justru bisa lebih menarik, karena kemungkinan siswa SD itu sudah bisa baca tapi belum tentu bisa memahami apa yang dibacanya…. :)

  28. assalamualaikum mba, saya mau nanya ada ga buku khusus tentang pembelajaran RT ? saya minta pertolongan nya mba, skripsi saya ga akan selesai. saya stres mba karna udah 2 semester ini. dosen saya ga mau bimbing klo ga ada buku nya. saya mau pesan. plz bantu saya mba.

  29. Assalamualaikum..
    Mba, mau tanya. Tahapan-tahapan dalam reciprocal teaching bisa dibolak-balik ga? Dari sumber yang pernah saya baca, tahap pertama adalah prediksi.
    Mohon jawabannya ya mba. Trima kasih…

  30. assalamualaikum…. terima kasih mba,,, sy bxk terbantu dgn p[ostinganx mba… oia sy ingin tax apakah resiprocal teaching dan resiprocal learning itu pengertianx sama???? klo berbeda dr segi apax??? makasi y mba… :D

  31. mat pagi mba…saya butuh bantuan mba.. saya mau nanya ada ga buku khusus tentang pembelajaran RT ? saya minta pertolongan nya mba, skripsi saya ga akan selesai. bolehkah sy minta contoh RPP Matematika SMP materi jajargenjang untuk siswa kelas VII semester 2

  32. aslmkm,,
    mb, nanya lagi neh,,
    reciprocal it merupakan pendekatan / model pembelajaran . .?
    teruz, materi apa yang cocok untuk kelas VIII SMP dalam menggunakan reciprocal teaching ini, ,?
    mksih ea mb. .

  33. assalamualaikum mba….
    pada reciprocal ini pelaksanaannya kan setiap anggota mendapat tugas yang berlainan untuk wacana yang sama…….
    maksud dari statment ne apa sh mba??????????
    lalu sebaiknya setiap kelompok itu terdiri dari berapa orang mba utk RT ini????

    mohon dijawab mba ya!!!!
    terima kasih ^_^

  34. asslamualaikum ka…
    ka bsa tidak kirimkn judul buku yg berisi tntang resiprocal teaching soalx sulit sekali n sya mash bingung soal metode ini…
    kebetulan sya sedng menyusun proposal tentang metode ini…???
    mohon bantuanx n kirimkn sja ke imel saya…
    mksih ka,,,

  35. asslamualaikum ka….
    boleh ka mnta bntuanx,,, tlg dong ka, kash thu q duku yg berisi tentang resiprocal teaching ini kebetulan sya sedang menyusun proposal n sya mash bingung ka cz metode ini,,,,
    mohon bntuanx ka….

  36. Assalamualaikum, mbak …
    saya desy mau tanya kenapa referensi yang mbak cantumkan di bawah artikelnya lebih bnyak yang tidak bisa saya buka. Saya sangat membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang RT.
    kemudian saya lihat salah satu comen dr mas pradip yg sdh meneliti dengan menggunakan RT dan sdh disetujui oleh dosen boleh saya kenal beliau lewat mn saya bisa kenal mbak.. (tlg dikirim ke alamat email saya Desy.Amelia78@yahoo.co.id

  37. ass.wr.wb..
    mbak sya Ryszal,
    saya mau tanya mbak, untuk reciprocal teaching apakah bisa diterapkan di sekolah dasar kelas V?

  38. mb untuk model reciprocal teaching ini paling tepat diterapkan untuk tingkat SD, SMP, atau SMA ya???
    :)

  39. mba, reciprocal teaching ini bisa tidak diterapkan untuk mapel bahasa inggris kelas IX tentang narative text? satu lagi mba, saya sekarang sedang membuat proposal dengan judul reciprocal questioning. pertanyaan saya apakah reciprocal questioning ini sama tidak dengan reciprocal teaching ya?apakah teori dalam reciprocal teaching ini bisa juga dijadikan landasan pada reciprocal questioning? mohon pencerahannya mba’. trims

  40. Buat Bek: wah kalau untuk menerapkannya dimapel bahasa inggris saya kurang tahu, tapi semestinya bisa karena reciprocal teaching berawal dari pembelajaran bahasa. sedangkan tentang reciprocal questioning saya baru mendengarnya kali ini sehingga saya tidak bisa memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Leave a Reply

