Pisang, Salak Pondoh dan Kentang Rebus Penyebab Sariawan


“Kak, tau gak? Adek alergi loh sama salak pondoh. Adek gak mau makan salak lagi akh,…”

“Oya? Memang kenapa dek?”

“Iya kak, sekarang adek tahu kalau Adek makan salakpondoh mulutnya pada luka tau!”

Begitulah percakapan saya dengan Adek beberapa hari lalu, Mama mengamini cerita Adek itu. Akibatnya salak pondoh itu masih tersisa banyak di kulkas yang akhirnya saya makan beberapa buah dan sekarang saya sariawan akut di lidah dan gusi.

Kejadian ini mengingatkan saya ketika saya di opname tahun 1998 karena demam berdarah, saya sempat berdebat dengan salah seorang perawat di Rumah Sakit karena meminta mengganti buah dalam menu makanan saya. Beberapa kali buah dalam menu makan saya adalah buah pisang dan parahnya lagi, bukan pisang Ambon. Kemudian saya bilang,

“sus, tolong buahnya diganti dong, kalaupun pisang ya mbok pisang ambon saja”.

“memangnya kenapa? kan pisang ini mudah dicerna dek”

“Iya sih, tapi saya nih alergi dengan beberapa jenis pisang, kalau makan pisang kecuali pisang ambon sering menyebabkan mulut saya luka sehingga berakibat sariawan sus”

“masa sih?! Saya baru dengar tuh”

“iya sus, bukan hanya pisang tapi kentang rebus juga”

“Masa sih, kebetulan aja kali dek, tapi ya sudah nanti saya ganti pepaya deh”

“Ye, suster nih dibilangin ndak percaya. Mama saya juga begitu kok, alergi kentang rebus”

sampai saat ini, saya masih belum dapat jawabnya mengapa beberapa jenis pisang dan kentang rebus bisa menyebabkan luka dalam mulut saya. Bahkan hal ini berlaku pula pada pisang yang direbus ataupun dikolak. Beberapa pisang yang menjadi allergen antara lain, pisang barangan, pisang susu, pisang raja, kepok putih, tanduk dan pisang yang ada unsure rasa asam-nya. Pisang yang aman saya konsumsi, pisang ambon, pisang lampung dan kepok kuning. Sedangkan untuk kentang, saya hanya alergi pada kentang rebus saja, namun jika digoreng atau di sayur tidak sama sekali.

Barangkali saja, memang kedua jenis makanan itu mengandung zat yang sama yang kebetulan akan menyebabkan reaksi yang sama dalam mulut saya. Tapi meskipun begitu, kadang disaat kondisi tubuh sedang fit luka yang timbuk tidak sampai menjadi sariawan yang akut. Sampai saat ini saya belum mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan. Apakah memang ada beberapa buah yang dapat menyebabkan luka pada mulut? ataukah justru sebaliknya apakah terdapat kadar enzim yang berbeda pada mulut kami dan hal ini suatu yang bersifat menurun? Ada yang punya jawab untuk masalah ini?

29 thoughts on “Pisang, Salak Pondoh dan Kentang Rebus Penyebab Sariawan

  1. rada-rada sama dengan penyebab munculnya sariawan di mulut saya mbak, hanya saja buahnya yang berbeda yaitu pepaya, rambutan, duku, manggis dan timun.
    kayanya getahnya yang jadi penyebab.

    ternyata ada juga yang punya pandangan seperti saya, kalau ada buah-buahan tertentu yang dapat menyebabkan sariawan. Pisang, salak dan kentang rebus…hmmm jangan-jangan iya juga ya.

    buah yang aman : jeruk, mangga, apel yang dikupas kulitnya

  2. He..he..he.. ternyata nasib kita serupa ya. saya sendiri menduga ini semacam kasus alergi Mba. terkadang disaat kondisi fit benar buah-buah ini cukup aman dimakan namun jika kondisi tubuh tidak fit, bisa menjadi pemicu munculnya sariawan. Tapi saya sendiri sering bandel dalam kasus ini, karena buah-buahan kan enak🙂

  3. iya, saya juga kalau makan pisang jadi sariawan trus lidahnya sakit, knp ya? kalo cerita keorang orang, mereka kebanyakan ga percaya.. ‘masa sih?’ katanya, saya sendiri jg aneh.

  4. wah.. sama aku juga, kalau makan salak dan pisang sariawan jadi lebih mudah muncul. Pisang sih terutama, penasaran.. zat apa sih yang jadi pemicunya.. atau memang alergi?

  5. saya bisa berkunjung di blog ini sebenarnya berawal dari mencari jawaban yang sama, ech………. ternyata, nggak dapet jawaban tapi malah semuanya juga bingung. tapi it’s nice, bisa sharing pengalaman yang sama walaupun juga sama belum dapat jawabannya. greetings fof all……….

  6. Wah,.. maaf ya Huda, saya juga belum dapat jawabnya. Tapi perlu saya update lagi nih, ternyata sekarang setelah saya menikah, rupanya alergi itu bisa berkurang. Mungkin karena suami saya suka sekali buah pisang ya……🙂 jadi saya ikutan suka makan pisang juga. Tapi tetap saja “pisang ambon” yang saya sering makan….

  7. iya nih saya juga gitu, walaupun kondisi badan fit, klo makn pisang kebanyakan (2 pisang gede gitu) pasti lihad kerasa sakit dan kalau diterusin makannya keluar sariawan. Ortu gak percaya kalau pisang bikin begitu, teman2 juga tidak percaya, tapi dari SD sampai saya kerja tetep kejadi kayak gitu.

    saya juga sedang cari penyebabnya apa.

  8. Wah,ternyata bukan aja aq yang punya mslah ini,aq juga sangat alergi sama salak,huh gak lagi2 deh mkan salak

  9. akhir’y aku nemuin obrolan yg slma ini aku cari,aku jg sma dari kecil selalu klo setelah makan pisang itu sariawan di lidah,padahal aku penggemar berat pisang,awal’y seh cuek” aja klo abis mkn pisang itu sariawan.wlwpun hr berikut’y hilang,tp klo keseringan mkn pisang kering jg kena sariawan,jd bingung penyebab’y apa ya??

  10. Iya Icha,.. ternyata kita sama ya. sayangnya sampai saat ini saya juga belum tahu sebabnya🙂 mungkin para ahli gizi atau dokter yang sudah mempunyai pengetahuan tentang hal ini yang bisa memberikan jawabannya ya… atau barangkali belum ada penelitian tentang ini hingga saat ini ya…

  11. saya datang bergabung, saya juga rada heran kenapa kalau makan salak langsung sariawan, tadinya saya kira kebetulan. tapi sekarang saya amati memang makan salak membuat saya sariawan,,neh lagi bingung gmn caranya ngomong lancar tanpa gerakin mulut,,

  12. salam semuanya
    ini sya baru ajja beres makan salak dua buah eh gak lama langsung pada luka gusi saya.
    sy sering bgt ngalamin hal ini,
    adakah yg tahu penyebabnya??
    btw ini tengah malam baru beres makan ngeliat ada salak satu bakul sy makan dan sariawanpun datang😦

  13. Wah,… ternyata banyak ya yang punya pengalaman sama, tapi sayangnya sampai saat ini saya juga belum tahu penyebabnya😦
    seharusnya sih ini bisa jadi bahan penelitian orang kedokteran ya atau mungkin para ahli gizi.
    wah kalau salaknya sebakul boleh juga di ekspor ke sini🙂 karena meski bikin sariawan tapi kami di rumah suka makan salak…

  14. Yup betul banget, sayang ya, padahal kalau di luar negri ini bisa jadi ide untuk penelitian nih,…. sayang banget di kita budaya ini belum ada😦

  15. Salam kenal, Iya sya juga begitu, tiap makan salak pasti sariawan, pisang juga, penyebabnya apa ya ? Soalnya semua org gak ada yg percaya….

  16. Setiap saya makan buah salak, pisang,kentang dan ikan asin, pasti timbul rasa nyeri di lidah dan seputar mulu. Ujung2nya besok harinya luka (sariawan) hingga membesar dalam waktu 3-6 hari. Sungguh menyiksa….

  17. Saya kira cuma saya yang bgtu mba,,bahkan saya sempat takut karena pemicu sariawan ȋ̝̊ηȋ̝̊ sangat jarang pada orang-orang,,,,bahkan saya sempat takut bahwa ȋ̝̊ηȋ̝̊ merupakan kelainan…
    Dan ketika saya memakan pisang itu pasti langsung sariawan,apapun jenis pisang nya

  18. Ternyata byk yg senasib, ga cuma saya tpi anak saya yang masih 3th sangat suka salak tapi setelah makan buah itu..hmmm..sariawan mulai muncul,jadi deh saya dan dede kompakan sama2 sariawan😦 dan smpai saat ini berharap ada yang tau penyebabnya..

  19. mungkin saiknya sblum mkan pisang, salak minumlah dgn air putih hangat, jngan makan terlalu panas dan pedas hindari gorengan yg berlebihan ,,yg terpenting pikiran kita tetep hidup sehat ..aman blender buah advokad, apel, jambu ,,kan enak sejuk nikmat lagi kan ahh..

  20. Saya juga begitu mbak. Pisang dan salak, saya paling anti bgt makannya krn rongga mulut saya tersiksa kalo makannya. Tapi kalo pisang goreng, gak tau knapa jarang bikin saya sariawan. Atau mungkin ini disebabkan getah yg terdapat pada pisang kali ya….

  21. Wah,sama dunk saya juga kalau pisang goreng sih enggak apa-apa. Sayang sungguh sayang kok sampai saat ini saya belum membaca artikel atau hasil penelitian tentang ini ya

Leave a Reply

