Perpustakaan di Kampusku


Berkaitan dengan aktifitas kuliah saya sekarang ini, otomatis saya harus sering-sering ke perpustakaan baik untuk mencari referensi ataupun sekedar mencari tempat diskusi bersama teman-teman. Ada hal yang membuat saya sungguh merasa kurang nyaman dengan kondisi perpustakaan di sini. yang pertama tidak tersedianya loker berkunci untuk menyimpan tas dan barang-barang yang kami bawa lainnya, lokernya memang ada namun terbuka tanpa kunci. padahal ini kan perpustakaan pusat universitas, semestinya hal ini tidak terjadi. Sudahlah loker tidak berkunci, kami juga dilarang membawa laptop dengan tasnya ke dalam perpustakaan, padahal kan agak ribet untuk membawa laptop, buku, alat tulis, handphone, dompet atau makanan dan minuman (karena di dalam perpustakaan tidak ada kantinnya) tanpa tas. Jangankan meninggalkan tas tanpa pengawasan lah wong di gedung pasca saja dimana barang kadang terletak disamping pemiliknya masih bisa dicuri kok, apalagi ini diletakkan pada loker terbuka diruang terbuka lagi! Selain itu, di perpustakaan ini juga buku-buku tidak diatur dengan rapi sehingga sulit sekali mencari buku yang diinginkan, walaupun sudah ada bantuan komputer(walau masih minim) untuk mencari buku namun sayang sungguh sayang karena buku tidak terletak pada tempatnya (seringnya begitu) jadi ya tetap saja sulit mencarinya, apalagi bagi pengunjung baru. Mumet! hal ini sepertinya terjadi karena tidak ada petugas yang bekerja mengumpulkan dan meletakkan kembali buku-buku yang sudah diambil pengunjung. setahu saya aturan diperpustakaan yang berlaku adalah jika kita mengambil buku maka setelah selesai dibaca tinggalkan saja dimeja tidak boleh mengembalikan ke rak-nya lagi apalagi secara asal-asalan. namun, di perpustakaan ini tidak demikian, kami harus mengembalikan kembali buku-buku yang telah kami ambil,……

Tidak jauh berbeda dengan aturan yang terdapat di UPT laboratorium komputer. walaupun sistem registrasi sudah cukup modern dan canggih bahkan menggunakan sidik jari segala untuk mengidentifikasi identitas mahasiswa, namun ada hal yang kurang nyaman saya rasakan dalam menggunakan fasilas lab komputernya. kasus yang sama juga terjadi disini, kami harus menaruh tas kami di loker terbuka di bagian depan tiap-tiap ruangan, tanpa dasar alasan yang logis dan seringkali satpam berpatroli sambil berteriak-teriak agar kami meletakkan tas kami di loker. jika alsannya adalah faktor kemanan lab, seharusnya mereka juga memikirkan keamanan pengunjungnya donk dengan memberikan loker berkunci yang rapi.

Perpustakaan pusat ditempat saya kuliah S1 dulu, menyediakan banyak loker yang lengkap dengan kuncinya sebagai tempat menyimpan barang-barang kami. itupun masih diberi perngatan untuk tidak meninggalkan barang-barang berharga kami dalam loker, padahal loker sudah terkunci dan tertetak dalam satu ruangan tertutup. ini adalah bentuk ikhtiar yang sempurna dari kedua belah pihak dalam menjaga keamanan dan kenyamanan. di tengah-tengah gedung perpustakaan terdapat ruang terbuka yang dijadikan taman dengan kursi-kursi yang nyaman untuk diskusi atau membaca. di sini juga terdapat kantin yang makanannya hanya boleh dimakan di area taman saja. ada satu tempat favorit saya ditaman ini, yaitu tepat dibawah rindang bougenville warna-warni yang menjuntai. Perpustakaan benar-benar terasa nyaman sekali,…..

Selain perpustakaan di tempat saya kuliah dulu, saya juga senang berkunjung ke salah satu perpustakaan universitas swasta ternama di kota Solo. di sini, dengan sistem keamanan yang sama, di sini terdapat satu ruangan yang ditata apik dimana pengunjung dapat duduk lesehan untuk membaca. Walau di dalam perpustakaan ini tidak ada kantin namun disini disediakan air gtratis dari dispendser-dispenser yang diletakan menyebar dalam area perpustakaan.

Tulisan ini tidak saya maksudkan untuk membanding-bandingkan fasilitas dari dua institusi, namun lebih pada sebuah keluhan saya atas ketidaknyamanan yang saya rasakan di tempat saya belajar. dan semoga ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi pihak kampus untuk dapat terus memperbaiki pelayanan bagi para mahasiswanya. Kondisi perpustakaan yang baik tentunya sangat mendukung kelancaran dan kesuksesan studi mahasiswanya donk,…

2 thoughts on “Perpustakaan di Kampusku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s