Selamat Bagi CPNS 2009 Alumnus P Matematika UNS


logo-unsSejak sore kemarin, saya mendapat beberapa sms dari para sahabat sekaligus mantan mahasiswa saya. Bukan karena bertepatan dengan bertepatan dengan pergantian tahun seperti tahun-tahun sebelumnya melainkan tentang berita gembira perihal diterimanya mereka sebagai CPNS alis Calon Pegawai Negeri Sipil dibeberapa daerah. Sms-sms tersebut berisi tentang ucapan terima kasih sekaligus informasi diterimanya mereka dan rekan-rekan di beberapa wilayah. Berita ini tentu saja menjadi penyejuk dan kabar gembira bagi saya yang kebetulan, harus terbaring lemah di kamar kos sejak kemarin siang karena kondisi kesehatan sedang buruk. Akhir-akhir ini disetiap hari besar saya mendapat serangan kesehatan mendadak seperti ketika Idul Fitri dan Idul Adha lalu. Padahal kemarin pagi hingga makan siang tiba segalanya biak-baik saja, dan rutinitas makanpun masih terjaga dengan baik, namun pasca makan siang tepat waktu, saya justru pusing tujuh keliling hingga terpaksa tidur siang sejenak dan ketika terjaga, dengan sukarela menu makan siang tadi meluncur kembali lewat jalan masuknya hingga membuat saya lemas luar biasa. Alhamdulillah,.. perutnya tidak terasa sakit hanya lemas, lemas, l e m a h, l e m a h,….

Kembali ke topik semula, menurut info yang saya terima setidaknya yang tercatat lulus tes CPNS tahun ini adalah; Sriatin, mahasiswa sekaligus eks teman satu kos, yang usianya lebih tua dari saya , Siti Nur baiti yang sempat menjadi asisten saya, Sutinah salah satu mahasiswa asal Jeruk legi yang seminarnya saya bimbing, Danny Setiawan Prasetyo salah satu sahabat satu angkatan saya, Rohmat, Eko, Maharani, Novi, Nur Iman, Tekad, Naomi, Nurpuji, Siti Rupayati, Retno Jiwani, Indri Mirawati, Siti Lestari, Nanik dan beberapa yang tidak seberapa saya kenal terdiri dari alumni mahasiswa angkatan 99 sampai dengan 2004.

Beginilah rasanya menjadi seorang pendidik, rasanya turut bahagia menyaksikan para anak didiknya meraih tujuan mereka satu persatu. Rasa bahagia dan syukur tidak terkira ketika mendapat berita dari mereka walau hanya sekedar sms singkat ungkapan terima kasih yang tulus. Meskipun bagi saya pribadi sebagai pendidik, gelar CPNS ataupun PNS bukanlah semata tolok ukur kesuksesan alumnus sebuah Prodi Pendidikan Matematika namun ini dapat dijadikan barometer kualitas daya saing alumnus Prodi Pendidikan Matematika UNS di dunia kerja. Rekan-rekan seangkatan saya sendiri, angkatan 99, setidaknya sudah 100% terserap dunia kerja dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan bahkan beberapa malah 0 bulan dan 50% menjadi PNS baik guru maupun dosen yang tersebar di berbagai daerah. Tidak heran jika Prodi Pendidikan Matematika menjadi salah satu jurusan favorit dengan peminat membludak yang hanya tersaingi oleh jurusan kedokteran saja di UNS.uns

Dimanapun anak didik berkiprah dalam mengaktualisasikan diri mereka selagi dapat memberikan kontribusi maksimal baik bagi masyarakat umum khususnya dunia pendidikan dan lebih khusus lagi dunia pendidikan matematika di negri Indonesia maka disanalah tersemat harapan besar dapat terwujudnya masa depan cerah bagi bangsa ini. Seperti doa yang saya panjatkan senantiasa ketika mengemban amanah, saya berharap mereka tumbuh menjadi pribadi-pribadi tangguh yang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat luas dengan ilmu yang mereka miliki. Mereka yang memang sengaja disiapkan untuk menjadi seorang pendidik, diharapkan tidak sekedar menjadi seorang pengajar matematika saja melainkan menjadi seorang pendidik yang mengajar dengan hati dan mendidik dengan nurani agar kelak dihasilkan manusia-manusia berkualitas penuh budi sebagai hasil dari proses pembelajaran yang berlangsung.

Sekali lagi, kepada kalian para alumnus Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta, saya ucapkan selamat atas diterimanya kalian menjadi CPNS di awal tahun 2009 ini. Semoga pekerjaan kalian penuh berkah, sekali lagi pesan saya mengajarlah dengan hati dan mendidiklah dengan nurani. Di tangan kalian lah tanggung jawab besar berada untuk mencerdaskan buah hati negri pertiwi ini. Jangan terlena, karena pekerjaanmu adalah amanah besar! Bravo Prodi Pendidikan Matematika UNS!

6 thoughts on “Selamat Bagi CPNS 2009 Alumnus P Matematika UNS

  1. Alhamdulillah segala rasa syukur yang tak terhingga kami panjatkan kepada ALLAH SWT atas limpahan rahmatNya di akhir tahun 2008 yang memberikan kado ulang tahun terindah kepada saya pada awal tahun 2009 ini 1 januari 2009. “Lolos seleksi CPNSD rembang dari ribuan orang yang mengidamkan posisi CPNS”.

    Satu hal yang perlu saya ingat adalah amanah yang terkandung dalam profesi yang akan saya emban nantinya. InsyaALLAH. Tepat sekali apa yang dikatakan Bu Farida kita harus mengajar dengan hati dan mendidik dengan nurani. Itu yang harus saya lakukan sebagai seorang pendidik “berkarakter kuat dan cerdas”, sebagai PNS yang merupakan abdi negara digaji dari uang rakyat, sebagai Alumni Pendidikan matematika FKIP UNS yang telah mengucapkan prasetya alumni.

    Ada angin segar setelah disyahkannya UU guru dan dosen beberapa waktu lalu terutama bagi kesejahteraan guru dan dosen. Semoga hal ini bisa menjadikan mutu pendidikan di Indonesia semakin membaik bukan malah stagnan ataupun malah semakin memburuk dan bukan hanya menjadi sasaran empuk untuk mencari uang akan tetapi lebih kepada amanah yang diemban. Karena Pendidik adalah salah satu unsur pencerdas bangsa yang menentukan arah bagi kemajuan negeri ini. Pendidik sebagai PNS harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, bukankah PNS adalah pelayan publik? Kalau kita bicara tentang PNS intinya adalah bicara kesejahteraan. Semoga kami bisa mengemban amanah ini sebaik mungkin semampu kami.
    Walaupun mungkin ada pendidik yang belum mendidik dengan baik, tidak mempedulikan kondisi siswa yang heterogen, masa bodoh, pergi meninggalkan kelas dengan dalih bosan capek. Mungkin itu hanya satu dari ribuan pendidik yang ada karena masih banyak juga pendidik yang amanah.
    Terima kasih saya ucapkan kepada semua dosen di pendidikan matematika UNS pada khususnya dan semua dosen FKIP pada umumnya yang telah membimbing kami sehingga kami “bisa”.Semoga kami bisa mengembang amanah ini sesuai dengan label kami sebagai seorang Sarjana Pendidikan khususnya sebagai Sarjana Pendidikan Matematika.

    comment by Siti Rupayati.

  2. Alhamdulillah…. segala puji bagi Alloh Tuhan semesta alam.
    Puji syukur selalu saya panjatkan ke hadirat Alloh SWT atas nikmat dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk mengemban amanah ini. Semoga saya dapat mengemban amanah ini dengan baik, dapat menjadi pendidik yang baik, yang dapat memberikan manfaat kepada diri saya, keluarga, agama, serta bangsa dan negaraku Indonesia.

    Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu, bapak, adik tercinta, keluarga besar, serta seseorang yang selalu memberikan semangat kepada saya. Juga ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dosen-dosen Prodi pendidikan Matematika UNS atas segala pelajaran kehidupan yang diberikan kepada saya dan teman-teman.
    Special thanks juga kepada teman-teman Matematika 2004 atas persahabatan yang diberikan dan suka duka yang telah dilalui bersama.

    Selain syukur yang selalu saya panjatkan, saya juga selalu berdoa, memohon kepada Alloh agar saya dapat mengemban amanah ini dengan baik, mengabdikan diri untuk bangsaku tercinta, dan dapat turut serta memajukan pendidikan Indonesia, seperti janji prasetya alumni yang telah kami ucapkan bersama dan akan selalu tertanam di hati kami.

    Saya sangat setuju dengan bu Farida, bahwa kita harus dapat “mengajar dengan hati dan mendidik dengan nurani”. Insya Alloh….
    Mengajar memang membutuhkan penjiwaan sehingga kita punya roh dalam setiap akitivitas pembelajaran yang kita laksanakan dan jangan melupakan adanya unsur kehati-hatian dari setiap ucapan kita agar jangan sampai kita memberikan informasi / menanamkan hal yang salah pada peserta didik. Dan sebagai guru tentu saja tugas kita tidak hanya “mengajar” dengan berangkat ke sekolah, menyampaikan materi di kelas, selesai, dan pulang. Tetapi kita masih punya satu tugas yang tidak kalah pentingnya yaitu “Mendidik”. Sebagai guru, kita adalah orang yang dekat dengan peserta didik dan setiap hari berinteraksi dengan mereka yang notabene adalah para remaja.

    “Remaja”, masa-masa seperti yang telah kita lewati dahulu, penuh problema, pencarian jati diri, emosi yang labil, mudah terpengaruh, dan rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu. Semua hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah melainkan naluri alamiah yang memerlukan pengarahan dan pendekatan dari orang-orang di sekitar termasuk kita sebagai guru agar mereka dapat mengarahkan hal-hal tersebut ke arah yang baik.

    Oleh karena itu, marilah dengan semangat kita berikrar untuk mengabdikan diri dengan baik demi kemajuan Pendidikan Indonesia. Serta saya mengucapkan selamat kepada teman-teman yang telah diterima sebagai CPNS formasi tahun 2008 semoga dapat membawa berkah bagi semua, amin. Dan bagi yang belum diberi kesempatan menjadi CPNS kali ini, harus tetap semangat!!!

    Bravo Prodi Pendidikan Matematika UNS!

  3. Alhamdulillah…,puji syukur kehadirat Allah yang Maha Berkehendak

    Tgl 31 Desember, ketika orang tua saya menangis terharu karena saya diterima CPNS, ketika banyak dari kerabat dan sahabat mengirim sms ucapan selamat, entah apa apa yang bergemuruh di hati saya…, bahagiakah? insyaAllah…,jika orang tua bahagia saya pun bahagia…
    Tapi bukan hanya itu…

    Mungkin sebagian besar orang melihat saya adalah orang yang beruntung, apalagi di lingkungan rumah saya PNS adalah orang yang di elu-2lukan, gaji terhitung besar (dibanding profesi sebagian besar masyarakat di desa saya), dan PNS mempunyai prestis yang lebih dari lumayan. Tapi bukan itu yang terbersit dalam benak saya. Sebuah amanah besar telah diberikan. Mendidik generasi bangsa, bukan sebuah amanah yang kecil atau pekerjaan yang mudah. Mampukah saya? Jika usia pensiun adalah 60 thn, berarti minimal amanah itu akan diemban selama 38 tahun. Kembali hati saya bertanya, mampukah? sebuah pesimistis kah? y, mungkin, tapi saya harus percaya, Allah tidak akan memberikan sesuatu di luar kemampuan hambaNya..

    Mohon do’a dari seluruh bapak & ibu dosen P.Matematika, bapak & ibu guru saya dari SD sampai SMA, seluruh keluarga, dan temen-temen smua…,semoga kami, saya dan teman-teman saya dapat mengemban amanah ini dengan baik…,amin..

    Terimakasih yang sangat dan dari hati yang terdalam saya sampaikan kepada seluruh dosen P. Matematika, teroma kasih atas bimbingannya selama ini, saya banyak mendapat “sesuatu” di P.Math UNS

    Terimaksih yang tak kalah sangatnya untuk temen2 P.Math UNS bil khusus angkatan 2004, thnx 4 everything…, pokokmen I LOVE U ALL….

  4. Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..
    semangat demi semangat telah kubangun..sejak awal tahun 2008,,mule dari awal membuat proposal skripsi sampe ujian skripsi, liku penuh liku kucoba untuk kulalui sampe airmatapun tak tertahankan demi mengejar untuk tidak membayar spp agustus dan demi memenuhi harapan orangtua untuk bisa mengikuti tes cpns 2008..
    saya sangat mengucapkan banyak-banyak trimakasih atas segala bantuan terutama dosen-dosen FKIP P.math yang senantiasa dibuat pusing oleh mahasiswa terutama saya pribadi, paling utama kepada bu getut,pak topo,pak tri, bu diah, bu yemi,dan pak ponco saya minta maaf yang sebesar-besarnya tas segala kesalahan sekaligus saya mengucapkan trimakasih atas segala dukungan. tak kan pernah terlupakan pula yang paling dan paling utama bu farida yang sering menjadi tempat sharing saya, yang selalu memotivasi saya dalam menghadapi persoalan.saya sangat mengucapkan beribu-ribu terima kasih.
    ujian skripsi telah terlalui, giliran perjuangan untuk mencari pekerjaan pun aku tempuh, mule berlari ke semarang untuk tentor matematika akhlak,memasukkan lamaran ke sekolah-sekolah..tapi tak ada panggilan, hanya ada 1 yaitu jadi tentor matematika akhlak,,tapi pikir penuh pikir akhirnya kulepas demi mempersiapkan tes cpns, karena itulah yang menjadi harapan orangtuaku..
    percepatan ijazah pun kami usahakan berempat,aku,upay,indri,retno jiwani, lari kesana kemari demi mendapatkan ijazah dan trnskrip, menhadapi orang-orang pentingpun kami hadapi…tapi alhamdulillh semua dapat terkejar dan akhirnya kami berempat bisa mendaftar cpnsd di daerah yang berbeda-beda…
    saya pribadi lari kesana kemari untuk bisa mendaftar di beberapa tempat, depag di boyolali, klaten dan ponorogo…naik kendaraan selama 3jam aku tempuh ke ponorogo demi mengikuti tes cpns di sana…pokoknya perjuangan yg nggakkan pernah terlupakan..
    rasa deg-degan pun tak terhindarkan, rasa takut tidak dtrima pun tak terhindarkan pula…
    akhirnya aku tidak ketrima depag&ponorogo..aku pasrah..
    tepatnya tanggl 31 desember 2008, sungguh kebahagiaan yang sangat luar biasa yang pernah keluarga saya dapatka..bahwa saya dinyatakan lolos seleksi cpns klaten,airmata keluarga pun tak bisa dibendung lagi…syukur alhamdulillah YA ALLAH…
    sms-demi-sms masuk ucapan selamat dan kabar gembira pula bahwa teman-teman seperjuangan untuk ngejar percepatan ijazah semua ketrima…sungguh karunia yang tak terhitung nilainya…
    satu harapan yang saya tanamkan, kami semua dapat mengemban amanah yang dipercayakan kepada kami, kami dapat menjaga almamater uns terutama p.math,dan kami semua dapat menjadi guru yang profesional…amiin..
    mohon do’anya dosen-dosen semua semoga kami dapat mewujudkan harapan kami tersebut.
    perjuangan kami tidak akan pernah selesai selama hayat masih dikandung badan…
    sekali lagi trimakasih dosen-dosenku semua…
    sekian…semoga silaturahmi kita dapat terjalin sampai akhir hayat nanti n semoga p.math semakin jaya dan menjadi harapan masyarakat.
    wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…

  5. ass, aku terharu membaca betapa tanggungjawabnya mahasiswa2 ibu dengan segala upaya untuk menyampaikan ilmu kepada anak didik di sekolah masing masing, dan aku menjadi mantab menjadi seorang guru dengan membaca kisah kisah dari ibu dan mahasiswa ibu dan juga teman seperjuangan ibu, semoga kita semua selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi anak didik kita, amien

  6. www. Amien… salam semangat deh…
    Lho Mas Anto nih berganti profesi tho? dari wirausawan menjadi Pak Guru?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s