Would You Help Me Please……


images

Saya butuh bantuan berkenaan dengan notebook HP Evo 500 yang sudah 2 tahun lebih meneman Iaktivitas saya.

Masalah bermula ketika, seperti biasa, saya menggunakan si Al (notebook yang saya beri nama AlKautsar, biasa dipanggil si Al) dikampus. Berhubung kondisi baterai sudah tidak bagus, maka saya mengambil power langsung dari stop kontak kampus, dan karena pengguna banyak, saya selalu membawa terminal agar bisa digunakan untuk beberapa orang. Suatu ketika datanglah bapak-bapak yang tanpa meminta ijin lebih dulu rupanya langsung menyolok adaptornya ke terminal milik saya karena memang masih ada yang kosong. Namun, entah mengapa, sepertinya beliau kurang berhati-hati, aliran listrik justru terputus dan yang menjadi masalah bukan langsung putus, melainkan putus-nyambung-putus-nyambung (seperti lagunya BBB aja,….)dalam waktu sepersekian detik hingga terakhir benar-benar putus. Pasca kejadian itu, rupanya aliran listrik tidak bisa masuk lagi ke si Al, otomatis langsung berganti ke baterai, namun karena baterai hanya bertahan 5 menit maka layar si Al langsung mati, namun lampu indicator power masih berkedip-kedip. Bahkan ketika soket ke power sudah dilepas, lampu itu masih berkedip juga. Akhirnya saya coba melepas baterai, barulah lampu mati.

Setelah itu, saya coba lagi untuk menghidupkan si Al, Alhamdulillah ternyata tidak ada masalah. Akhirnya saya putuskan untuk pulang saja. Setibanya di rumah, saya hidupkan si Al kembali, seperti biasa, langsung menggunakan listrik dan baterai terpasang. Namun setelah beberapa jam kemudian, tiba-tiba power berganti ke baterai, padahal si Al mendapat suplay listrik langsung dari adaptor. Dan karena baterai hanya bertahan 5 menit. Kejadian di kampus berulang. Bedanya, kali ini setelah baterai di lepas dan dipasang lagi, si Al tidak bisa dihidupkan lagi berulang-ulang, sepertinya power listriknya kurang, walaupun menggunakan adaptor langsung. Akhinya saya tunggu baterai diisi hingga penuh. Setelah beberapa jam berlalu, saya coba lagi untuk menghidupkan si Al tanpa baterai. Ternyata bisa! jadi menggunakan adaptor langsung, tanpa baterai. Namun setelah dua jam, tiba-tiba si Al mati sendiri seperti ketika mati listrik. Kemudian, saya hidupkan kembali, tapi seperti tadi, tidak mulus, akhirnya baterai saya pasang kembali dan listrik saya alirkan dari adaptor, si Al hidup kembali. Nah, sejak saat itu, kejadian ini berulang-ulang setelah pemakaian di atas 1 jam.

Oleh karenanya saya bawa si AL plus dengan adaptornya ke HP service centre Bandung, pada saat saya bawa kondisinya masih bisa hidup. Setibanya di sana, saya jelaskan masalahnya, kemudian dicoba oleh petuganya. Namun karena ketika dicoba baik si Al maupun adaptornya tidak bermasalah, (iya karena waktu pemakaian kurang dari 1 jam), akhinya si Al saya tinggal. Setelah satu minggu belum ada kabar, saya datang ke sana, ternyata petugas bilang sedang menunggu motherboard dari Jakarta, beberapa hari lagi baru bisa sampai. Namun, karena saya butuh beberapa data saya bilang, “bisa dibawa pulang ndak?”. Dan mereka menjawab “bisa”. Saya cek dulu kondisi si Al, ternyata baru satu bagian dari si Al yang diperiksa saat itu. saya ingat, semua bagian belakang si Al saya beri seal terisolasi sejak pertama beli, dan baru satu seal yang dibuka. Namun kondisi si Al mengenaskan karena tidak bisa dihidupkan, hanya lampu indicator berkedip namun layarnya hitam. Akhirnya saya complain pada petugas, dia kemudian masuk dan membawa si Al keluar kembali setelah beberapa menit dalam keadaan hidup. Akhirnya si Al bawa pulang, namun setibanya di kost, ternyata si Al tidak bisa saya hidupkan.

Dua hari kemudian pihak HP service centre telpon dan mengatakan bahwa motherboardnya sudah datang, kemudian saya bawa si Al kembali ke sana, mereka bilang satu hari juga sudah selesai. Keesokan harinya saya mendapat telpon kembali, namun petugasnya mengatakan bahwa ternyata motherboard yang baru tidak kompatibel, justru pakai motherboard yang lama si Al baru bisa hidup kembali. Dan setelah dirunning 3 jam lebih tidak bermasalah, petugas itu bilang mungkin processor-nya. Padahal processor-nya adalah intel Pentium M, mereka bilang ini sudah sulit dicari, mereka sedang usahakan. Akhirnya si Al saya ambil dulu (dalam keadaan bisa digunakan) sejak kemarin saya coba pakai si Al, Alhamdulillah tidak ada masalah. Namun, pagi ini kasusnya berulang kembali. Sehingga, sekarang ini, saya menggunakannya hanya sebatas, 1- 1,5 jam kemudian saya matikan. Begitu terus. Sekarang ini, saya masih menunggu perkembangan dari HP service centre dalam usaha mencari processor untuk si Al.

Tapi, saya sendiri masih ragu sekaligus penasaran, apakah yang menjadi masalah memang motherboard atau processornya, namun saya lebih curiga masalah ada pada power supply atau kipas. (oya, perlu saya beritahukan bahwa kipas si Al saat ini disetting hidup terus oleh petugas HP service centre). Setahu saya, jika notebook terlalu panas, ada mekanisme penyelamatan dengan cara “mati sendiri” untuk menghindari kerusakan processor. (itulah mengapa penggunaan cooler pad tidak terlalu dianjurkan) Nah, awalnya saya pikir karena kipasnya yang kotor, maka si Al mengalami mekanisme tersebut. namun, saat ini meski kipas ternyata hidup terus tapi, tetap saja si Al suka terputus power supply-nya. Jadi, masalahnya dimana ya? Aduh,… saya bingung nih,….. Saya sih masih menduga yang bermasalah berhubungan dengan aliran listrik ke Notebook tapi petugas di hp cervis centre juga keukeuh yang mungkin bermasalah adalah motherboard atau processor… (Teutep aja saya mah sok teu yah,… tapi da sepertinya kalau menurut logika saya mah semestinya pendapat saya masuk akal….:))

Ada yang bisa membantu memberikan solusi? Jangan bilang “dilembiru (lempar, beli yang baru) ya…” kalau itu sih saya ndak perlu minta bantuan,…… J

Oya,… kalau ada yang tahu info persewaan computer atau notebook, boleh juga lho saya diberitahu (khusus wilayah Bandung, lebih spesifik lagi Gerlong….. 🙂) Sekalian deh,… info tentang notebook baru yang bagus yang value for money gitu dech,……..

Thanks banget buat semua,……..

8 thoughts on “Would You Help Me Please……

  1. Krn ga ada yg comment sedangkan Mba Ida sdg butuh banget notebook, saya mah cuma bisa ngasih usul untuk pinjam notebook aja ke temen yg lg nganggur atau ke rental dl. Si Al biarin aja di opname. Si Toshcat juga kadang nganggur kayaknya…

  2. kemungkinan yg terjadi hanya seputar asupan listrik saja. Jadi bukan pada motherboard ataupun prossesornya. Kenapa tidak dicoba dulu dengan battery lain yg sejenis, atau adaptor lain yg sejenis pula, atau dicek dengan kedua-duanya yb baru.
    Jika sudah di test dengan cara yg diatas masih saja tidak berubah ada kemungkinan terjadi kerusakan pada system softwarenya ( Boot system).
    Saya sering mendengar dari teman-teman memang laptop HP sering ada problem dengan system asupan listriknya, namun karena laptop saya bukan merek itu maka saya kurang konsern pada kasus-kasus laptop teman-teman itu. Jadi pengalaman saya terawang-awang… heheheeeeeeeeeeeeee….

  3. coba pakai adaptor yang watt dan voltasenya sama (klo bisa lihat ampere nya sama tidak, usahakan sama). sebenarnya kerusakan di IC charging atau power supply nya juga bisa, sebenarnya klo melihat keterangan informasi diatas processor kemungkinan tidak rusak, sepertinya petugas HP nya suka main tebak2-an.

  4. Thanks for all the comments!
    Semua saran telah dan sedang saya usahakan.

    To Chay: Yp saya juga melkakan upaya itu dengan mencoba mengganti-gani adaptor. emang sering kali kalau sudah mati, terkadang bsa hidp dengan adaptor yang lain🙂

    Soal teknisi HP service centre, emang begitulah berdasar pengalaman saya. walapun pelayanan ramah tapi sayangnya masih kurang professional.

  5. Coba cek ganti adaptornya mba,…
    ternyata masalahku ada pada adaptor kok…..
    sesederhana itu saja….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s