Aspek dan Indikator Kelayakan Alat Peraga Matematika


Ketika suatu alat peraga dibuat, tentu ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul seperti, apakah alat peraga ini sesuai dengan konsep yang ingin disampaikan? ataukah seberapa efektif alat peraga ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran matematika? atau seberapa aman alat ini bagi anak-anak? dan pertanyaan-pertanyaan lain….
dengan bahasa lain, perlu ada suatu standar yang dapat digunakan secara luas untuk dapat menilai kelayakan alat peraga agar terhindar dari unsur-unsur subyektifitas. terkait dengan hal ini, pada mata kuliah media pembelajaran dan work shop matematika, yang mewajibkan mahasiswa untuk membuat atau menghasilkan suatu alat peraga maka diperlukan alat ukur yang objektif untuk menilai hasil karya siswa. berikut saya sisipkan aspek-aspek dan indikator yang akan digunakan dalam kelas media pembelajaran dan work shop matematika untuk dijadikan dasar penilaian projek pembuatan alat peraga.
Saya memilih kriteria penilaian menggunakan skala Likert, yang saya kutip dari buku panduan karangan Sumardyono (2004) dari P4TK Yogyakarta.

Aspek dan Indikator Kelayakan Alat Peraga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s