SURAT PERNYATAAN


SURAT PERNYATAAN

Assalamu’alaikum.Wr.Wb

Dengan ini saya ******* menyatakan bahwa tugas workshop 1 yang terkirim pertama kali adalah hasil copy paste materi yang diperoleh dari internet. Terutama materi yang berkaitan dengan no 1 dan 2. Saya hanya membaca hasil pencarian di internet mana yang sesuai langsung mengopinya. Terima kasih saya ucapkan kepada Bu Farida yang masih memberi kesempatan kepada saya untuk memperbaiki tugas ini. Hasil ini sama isinya dengan apa yang saya kirimkan pertama, hanya mungkin bahasanya agak kurang pas, sulit dipahami dan dan tidak sesuai dengan EYD. Materi no 1 dan 2 saya baca beberapa kali, apa yang menurut saya penting, saya tuliskan dengan bahasa saya sendiri. Jujur saja bu, sampai semester V ini dalam menyusun suatu makalah atau tugas dari dosen, saya hanya mencari materi di internet tinggal pakai saja. Dan saya yakin, itu banyak dilakukan oleh mahasiswa. Ya karena, kita tinggal mengerjakan tugas, tugas sampai ke tangan dosen dan dosen pun banyak yang yang tidak tahu, kurang tahu atau tidak mau tahu bagaimana mahasiswanya dalam mengerjakan tugas. Sehingga kita merasa nyaman saja terhadap apa yang kami lakukan. Untuk itu, saya mengucapakan banyak terimakasih kepada bu Farida yang telah memberikan nasihat dan pelajaran kepada saya agar diri ini menjadi lebih baik lagi. Ada beberapa hal yang menjadi pelajaran bagi saya selama megerjakan tugas ini. Pelajaran itu misalnya:

1.Belajar menghargai karya orang lain dan karya diri sendiri

Ini saya rasakan, ternyata untuk meyusun tulisan saja sulit dan butuh waktu yang tidak sedikit.

2.Belajar menulis, mengali potensi, dan belajar mencurahkan ide dengan tulisan.

Ternyata untuk mengungkapkan sesuatu dengan tulisan lebih sulit daripada mengucapkan langsung. Belum tentu apa yang kita tuliskan bisa dimengerti oleh orang lain. Oleh karena itu, kita belajar memilih kata kata agar apa yang kita maksudkan bisa diterima orang lain.

3. Belajar memberikan kesempatan kepada orang lain yang untuk memperbaiki

dirinya.

4.Belajar memanfaatkan waktu, ternyata waktu yang tersedia, kita akan selalu

merasa kurang jika dibandingakan dengan tugas-tugas yang harus kita lakukan.

5.Belajar peduli kepada orang lain, jika ada orang di sekeliling kita yang

melakukan kesalahan, maka bentuk kepedulian kita adalah mengingatkannya

Mungkin itu saja yang bisa saya ungkapkan,bu. Mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan bagi saya untuk menjadi yang lebih baik.Aamiin. Jika banyak salah, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalam.

Begitulah surat pernyataan yang saya terima lewat email, plus dengan attachment tugas yang sudah diperbaiki dan ditulis ulang. Selain surat tersebut, terkait dengan kejadian yang sama, saya didatangi seorang mahasiswi yang dengan penuh keberanian mengakui kesalahannya telah menyelesaikan tugas dengan hanya copy-paste dari berbagai sumber di internet tanpa meraciknya kembali dalam tulisannya dan bahkan tidak menuliskan sumber-sumber yang telah dicopy-nya tersebut.

Kejadian-kejadian seperti ini begitu berarti dan sangat berharga. Saya sendiri menjadi berpikir bahwa barangkali karena keteledoran atau keacuhan yang mungkin tidak disengaja dapat membentuk nilai-nilai yang tidak seharusnya dimiliki oleh mahasiswa. Seandainya saja, hal ini terus berlanjut hingga mahasiswa lulus. Barangkali mereka akan bersikap sama seperti ketika dosennya mengajar, sehingga siswa-siswanyapun akan memiliki sikap yang sama dengan sang guru ketika menjadi mahasiswa. Bayangkan berapa banyak sudah pribadi yang memiliki sikap sedemikian rupa?….

Dari kisah tersebut, saya teringat kembali pepatah “guru kencing berdiri maka murid kencing berlari”……. Jika pepatahnya demikian maka “dosen kencing…….” Ada yang tahu jawabnya?🙂

Akhirnya sebagai pengajar, sudah semestinya untuk banyak-banyak bertaubat…. Terima kasih pada para mahasiswa yang sudah memberikan banyak pelajaran berharga sepanjang perkuliahan kita. Semoga ada ilmu yang kalian dapatkan, dan semoga ilmu tersebut kelak dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi diri kalian dan sesama, tentulah ada salah yang diperbuat tanpa disadari, janganlah ditiru agar dosa saya tidak tumbuh menjadi pohon ekponensial, dan jangan lupa berikan maaf kalian dengan ikhlas🙂.

4 thoughts on “SURAT PERNYATAAN

  1. jadi inget sama kejadian yang aku alami da. dosennya aja bikin buku banyak yg kopas dari internet … gimana mahasiswanya…

Leave a Reply

