Berpikir Aljabar


Berdasarkan hasil kajian kurikulum pendidikan matematika, masih banyak ditemui kendala dalam proses pelaksanaan dan dokumen KTSP. Hasil kajian tersebut mengemukakan bahwa setidaknya masalah yang cukup penting terkait dengan kemampuan guru dalam memahami dokumen kurikulum dan juga ketrampilan guru dalam mengajar matematika yang semestinya dapat memanfaatkan banyak sumber, banyak alat peraga, dan metode yang bervariasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, setidaknya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kompetensi guru dan calon guru terkait dengan kemampuan membuat persiapan yang baik (sesuai dengan dokumen kurikulum) dan tentu saja kemampuan mengajar di kelas. terkait dengan peningkatan kompetensi tersebut, dalam pembelajaran matematika penguasaan materi matematika berupa konsep-konsep mendasar menjadi hal yang esensial dalam menunjang kompetensi mengajar guru.

Berikut akan dibahas konsep-konsep mendasar terkait materi Aljabar, Geometri, Statistika dan Peluang, serta Kalkulus.

Aljabar merupakan salah satu cabang matematika yang mulai diajarkan sejak dini di hampir semua tingkat di hampir semua negara tentunya. Untuk dapat mengajarkan Aljabar dengan baik, perlu diperkenalkan kepada para calon guru tentang ide-ide penting dalam berpikir Aljabar. berikut adalah paparan sederhana yang disarikan dari karya John A. Van De Walle (2007) KD 3 (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s