Seni Memilih ala Morteza


Di usianya yang hampir menginjak usia 2 tahun, Morte secara fisik terlihat lebih tinggi walaupun tidak gemuk namun pola makannya cukup baik. Ia suka sayur dan buah, segala macam sayur dan hampir semua jenis buah, memang sih agak susah kalau makan telur atau daging, untunglah ia masih mau makan bakso dan ikan. Oya salah satu sumber protein yang paling disukainya adalah tempe goreng!

Akhir-akhir ini Morte tambah cerewet, ia mulai suka mengarang cerita sendiri, ceritanya pasti memuat kata “Mobil”. Ya,… mobil sepertinya adalah obsesi terbesar pertama dalam hidupnya. Salah satu buku favoritnya adalah catalog mobil 2010, wah kalau membaca buku ini, sering terlontar ungkapan polos seperti “Ajus” atau  “wow” kalau melihat gambar-gambar mobil yang disukainya. Bukan sekadar berkomentar, tapi ia juga senang mengidentifikasi bagian-bagian terkecil mobil seperti, mesin, bemper, wiper, spion, dll. Yang jelas kalau membaca buku tentang mobil bareng Morte seru banget deh! Jika kita bepergian Morte pasti akan memilih menggunakan kendaraan yang berbentuk mobil, ketimbang kereta atau pesawat sekalipun!

Berkaitan dengan obsesinya akan mobil, Popo mengenalkan Morte dengan iPad, di dalamnya banyak tersedian permainan-permainan yang berhubungan dengan mobil. Bisa ditebak dong,…. Morte jadi senang main iPad. Morte suka memanggil si iPad dengan sebutan “Tom” itu karena ada “Speaking Tom” kucing lucu yang bisa menirukan suara siapapun yang didengarnya. Pada awalnya saya tidak menaruh kekhawatiran akan pemanfaatan gadget baru ini bagi Morte. Namun, saya amati setelah kurang lebih satu bulan, rasanya ada dampak kasat mata terkait perilakunya. Morte jadi lebih tidak sabaran, dan mulai suka menggunakan si Tom sebagai senjata pamungkas ketika ingin ngambek. Selain itu, bila terlalu lama main Tom, sepertinya ia menjadi lebih mudah marah. Akhirnya saya, mengambil kebijakan bahwa ia hanya boleh bermain Tom bila selepas sholat magrib. Asumsi ini saya ambil, karena jam tidur Morte memang sekitar jam 7-8 malam, jadi paling lama ia hanya akan main Tom 2 jam sehari. Lagi pula di penghujung waktu bermain ketika ia mulai mengantuk, musik pengiring tidur di iPadnya sangat efektif membantunya tidur.

Awal diberlakukan kebijakan ini, memang agak berat. Tapi sebagai Ibu, saya harus konsisten dengan peraturan yang saya buat. Walhasil saya justru mendapatkan pelajaran berharga darinya. Suatu hari, sepulang kantor rupanya Morte merengek minta Tom, lalu saya katakan bahwa Tom hanya mau keluar setelah magrib. Dan tahu apa reaksinya? Subhanallah,… dia lalu ambil buku saya di tempat tidur, lalu dengan gaya yang begitu luwesnya ia menjadikan buku itu seperti iPadnya dan berpura-pula memilih-milih menu ipad dengan telunjuk kecilnya sambil bicara seolah-olah sedang memilih menu balapan. Sekejap langsung bunyi,.. ngeng.. ngeng…. Ngeng… suara nyaringya sambil menggoyangkan buku dengan kedua tangannya seolah-olah sedang berbelok ke kanan dan ke kiri…. Tak ambil pusing, saya pun ikut berpura-pura dengan memberikan acuan-acuan arah… “ke kiri,.. ke kanan…, awas ada terowongan,…” rasanya seru banget deh….Wah rupanya Morte tambah besar tambah banyak idenya ya,… keren deh… ternyata tanpa iPad kita masih bisa bermain dan bersenang-senang. Komentarnya hanya” Yah,.. ide Nte… ajus momo” (ya,.. ide mote bagus,momo. Red)

Dari peristiwa itu, saya dan Morte belajar bahwa kebahagiaan itu adalah pilihan, kebahagiaan tidak bergantung pada benda, atau sekadar keinginan belaka. Memang dalam hidup ini, tidak semua keinginan mungkin terpenuhi, tapi itu bukan alasan untuk tidak merasa bahagia. Kita boleh punya banyak kenginan, namun Allah Maha Tahu apa yang paling kita butuhkan. Hidup dimasa yang akan datang tentu lebih banyak tantangan, dan untuk itu semoga saya dapat membimbing, dan mengarahkan Morte untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi zamannya.

Catatan Momo, Jaten 7 Juli 2012, 03.00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s