Guru Sebagai Peneliti ( Sesi I Bersama Prof. Foong Pue Yee, Ph.D)


Sejak hari senin 5 November 2012, Prodi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia(UPI), tempat saya menimba ilmu kedatangan tamu Prof. Foong Pui Yee dari Nanyang University of Education Singapura. Beliau berada di UPI selama satu minggu untuk menyampaikan kuliah umum, menjadi pembicara seminar, dan menguji salah satu calon doktor. Ya,… dalam ujian calon doktor di sini peraturannya mewajibkan untuk menghadirkan penguji yaitu dosen dari luar UPI. Keberadaan Prof. Foong sebagai salah satu penguji yang bukan hanya dari universitas di luar UPI namun sekaligus dari luar negri dan dari universitas dengan reputasi yang sangat baik di Singapura. Kegiatan ini merupakan salah satu rintisan yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Matematika SPS UPI untuk memacu mahasiswanya agar go international.

Prof. Foong, begitu kami menyapanya, memiliki kepakaran dalam bidang pendidikan matematika khususnya pada topik Problem Solving. Selain itu, beliau juga aktif dalam NIE (National Institute of Education) di Singapura, salah satu institusi pendidikan di Singapura, yang banyak memiliki program dalam meningkatkan mutu guru-guru di Singapura. Beliau menyampaikan kuliah umum tentang peranan Problem Solving dalam pendidikan matematika di Singapura dan memberikan kelas seminar lokal tentang tren penelitian para guru matematika di Singapura.

Beruntung, saya mendapatkan kesempatan dan kepercayaan dari Prof. Yaya S. Kusumah, Ph.D., untuk mendampingi Prof. Foong selama di kampus dan sekaligus menjadi moderator pada sesi seminar hari terakhir. Ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk banyak belajar dari beliau. Tulisan ini saya buat sebagai rangkuman apa saja yang telah saya dapatkan selama satu minggu ini.

Pada hari pertama dan kedua, beliau mengulas tentang penelitian-penelitian pendidikan matematika yang dilakukan oleh guru-guru di Singapura. Dibagian awal beliau menjelaskan bahwa penelitian dalam pendidikan matematika bukan hanya untuk pada mahasiswa pasca sarjana, akademisi, dan para peneliti profesional namun juga merupakan bagian dari peningkatan profesionalisme guru. Mengapa guru perlu melakukan penelitian ? salah satu jawabnya adalah karena guru merupakan agen perubahan. Guru juga merupakan praktisi di kelas sehingga lebih memahami apa yang terjadi pada para siswa.

Dalam pemaparannya disampaikan bahwa objek penelitian para guru 93 % menjadikan siswa sebagai partisipannya, hanya 1% penelitian yang mengkaji para calon guru atau mahasiswa prakter kerja lapangan mengajar. Level sekolah yang mendominasi dalam penelitian-penelitian pendidikan matematika adalah level sekolah menengah. Sedangkan topik penelitian yang paling banyak dipilih adalah topik problem solving. Hal ini tidak mengherankan karena kebijakan pemerintah Singapura terkait kurikulum pendidikan matematika memang memiliki fokus pada problem solving. Sedangkan isu yang paling mendominasi dalam penelitian pendidikan matematika di Singapura yang paling banyak diminati adalah tentang ranah kognitif, lalu disusul dengan ranah paedagogik, teknologi, kurikulum, afektif, equity, guru, dan ranah bahasa.

Jika ditinjau dari jenis penelitian yang digunakan maka di Singapura, 60% lebih metode pengumpulan data yang digunakan adalah “task assessment” , lalu disusul dengan metode survei, metode quasi eksperimental, studi kasus , metode campuran, analisis dokumen, dan terkahir adalah interview.

Yang menarik adalah bahwa setelah sesi tanya-jawab diketahui bahwa peningkatan kuantitas guru yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi di Singapura sebanyak dua kali lipat dari tahun 90an ke awal tahun 2000an adalah kebijakan pemerintah yang memberikan dukungan pada guru baik secara finansial maupun secara regulasi.

Begitulah setidaknya yang saya peroleh pada sesi pertama, hari pertama.  :)

To be continued…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s