SEMINAR INTERNASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DI PULAU PHUKET THAILAND (bag. I tahap Persiapan )


Bulan maret 2013, saya beserta Prof. Yaya S. Kusumah dan dua sahabat saya Ibu Maria Kleden dan Puji Lestari berkesempatan berpartisipasi di EARCOME 6 (East Asia Regional Conference on Mathematics Education) yang bertempat di Prince of Songkla University di Pulau Phuket Thailand. Sebetulnya desire saya untuk mencicipi pengalaman dalam kancah internasonal ini tidak terlepas dari inspirasi-inspirasi yang diberikan oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan Matematika UPI  prof. Yaya S. Kusumah, Ph. D dan Prof. Jozusa Sabandar, Ph.D, dengan modal semangat dan kerja kerasmaka akhirnya misi untuk mengikuti seminar internasional dapat terwujud juga bersama-sama sahabat saya.

Tulisan ini dibuat dengan tujuan berbagi inspirasi dan semangat khususnya bagi sahabat-sahabat sekelas dan umumnya bagi “orang Indonesia” yang merasa menorehkan nama Indonesia di kancah internasional itu “sesuatu” (nyontek gaya lebay Syahrini). Buat saya pribadi misi ini juga setidaknya selain membuka wawasan keilmuan tentunya sekaligus dapat jalan-jalan ke luar negri melalui karya kita, bukan sekadar menyumbang devisa bagi Negara lain dengan hanya menjadi wisatawan saja.

Prosesnya dimulai dengan menulis abtsrak yang harus terlebih dahulu di kirimkan ke panitia untuk disortir, apakah dapat ditampilkan ke dalam presentasi oral atau sekadar poster saja. Setelah selesai disortir panitia, pengumuman disampaikan melalui email pribadi apakah makalah kita di terima/ditolak atau masuk ke dalam poster presentation. Tahap selanjutnya kita diminta menyelesaikan makalah sesuai dengan format penulisan yang sudah ditetapkan panitia, kemudian diminta membayar biaya pendaftaran pada jangka waktu tertentu. Biasanya soal pemabayaran ini, ada jangka waktu yang ditetapkan dengan besaran biaya yang berbeda. Intinya kalau bayar lebih dulu bisa ebih murah lho,…. Pengalaman kami dalam membayar regirtrasi, awalnya mau memanfaatkan jasa kiriman uag seperti money gram atau western union, tapi ternyata lebih mudah langsung saja transfer antar Negara via BNI, murah dan mudah. Untuk menghemat biaya, maka kami mengirimkan biaya registrasi untuk 4 orang sekaligus dalam satu resi, karena kalau sendiri-sendiri biaya pengiriman uangnya menjadi jauh-jauh lebih mahal lho….

Eh tapi inget lho,.. semua proses di paragraph atas itu, dimulai setelah membuka dan membaca informasi dalam website resmi yang dikeluarkan panitia, seperti ini lho contoh website resminya: http://earcome6.kku.ac.th/earcome/ . jadi secara formal, langkah pertama adalah cari informasi tentang seminar atau konferensi yang akan dilaksanakan terlebih dahulu melalui website resmi panitia ya….

Nah, setelah bayar pendaftaran dan makalah utuh sudah dikirim selanjutnya adalah berburu tiket pesawat murah dan mencari informasi tentang hotel yang dekat dengan lokasi plus transportasi di sana. Biasanya di dalam website resmi panitia, ini semua sudah disediakan, dari list hotel terdekat hingga informasi tentang tempat pariwisata yang bisa dikunjungi plus dengan peta dan informasi tranportasi dari jenis kendaraan hingga besar ongkos yang perlu disiapkan. Pokoknya komplit deh, hal ini memudahkan kita untuk mengestimasi total anggaran yang perlu disiapkan. Oh ya,.. tentu saja semua penjelasan ditulis dalam bahasa Inggris bukan bahasa Thailand atau bahasa Melayu.. he.he..he..

Nah,.. setelah semuanya beres, langkah selanjutnya adalah membuat estimasi dana yang diperlukan dan menukar mata uang rupiah dengan bath. Jelas-jelas membeli bath di Indo lebih murah daripadamembei bath di di Phuket. Selain itu estimasi dana juga berguna untuk mengajukan proposal bantuan ke DIKTI yang dengan murah hati setiap tahun menyediakan dana bantuan bagi para dosen yang akan seminar ke luar negri. Untuk masalah prosedur pengajuan dana bantuan seminar internasional akan saya ulas dalam tulisan yang berbeda.

Untuk persiapan terakhir sebelum keberangkatan adalah menyiapkan slide presentasi atau poster yang akan ditampilkan dan belajar latihan menyajikan slide tersebut hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit, hal ini dilakukan agar kita terbiasa dengan waktu yang disediakan dan siap dalam presentasi, karena selain Prof. Yaya, bagi kami bertiga ini merupakan pengalaman perdana.

Setelah semua persiapan di atas maka kami siap berangkat menuju Phuket……

Phuket I’m coomiiinggg…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s