Bersekolah


Sejumlah siswa mengikuti upacara Bendera di SDN 01 Pagi, Labak Bulus, Jakarta, Senin (27/7). Hari ini para siswa mulai kembali beraktivitas mengikuti pelajaran di sekolah untuk tahun ajaran 2015-2016 usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri. ANTARA FOTO/Reno Esnir/Rei/pd/15.

Bersekolah itu bukan untuk menunjukkan sehebat apa dirimu diantara teman-teman sekolahmu tetapi untuk belajar bagaimana belajar bersama-sama dengan orang lain, bagaimana menerima, menghargai, dan menilai pendapat orang lain. Pun juga bagaimana kita bisa mengutarakan pemikiran kita pada teman-teman dan guru. Penting pula bagi kita belajar memahami keberagaman manusia dengan segala pemikirannya. Bila sekolah menuntut kita menjadi siswa-siswa yang setipe, maka hilanglah semua kesempatan belajar yang paling besar di sekolah.

Untuk bisa membaca, berhitung, atau menyelesaikan berbagai soal ujian yang sering membuat cemas anak-anak itu tidak harus pergi ke sekolah, bisa saja panggil guru privat ke rumah, atau kalau orang tuanya punya banyak waktu bisa mengajarkan anaknya di rumah tak perlu repot-repot bersekolah.

Bersekolah yang saya maksudkan di sini adalah belajar di institusi sekolah, yang memiliki gedung sekolah dengan kurikulum dan perangkat pelengkapnya.

Sekolah adalah tempat yang tepat untuk mengajarkan bagaimana kita bisa hidup berdampingan dan saling bekerjasama dengan segala perbedaan yang kita miliki untuk bisa mencapai tujuan bersama. Sayangnya semakin sedikit yang menyadari akan hal ini, saat ini seringkali saya temui kebanyakan kita menginginkan anak-anak kita tumbuh seperti kebanyakan anak-anak lain dan kurang bahagia ketika kita mengetahui anak-anak itu anak yang unik.

 

Renungan Pagi, 18 November 2016

Kampus Bumi Siliwangi, selingan ketika jenuh dengan disertasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s