HATI-HATI DAPAT EMAIL DARI PUBLISHER BUKU ATAU JURNAL INTERNASIONAL


20170208181635309.jpg

Akhir-akhir ini saya sering sekali mendapatkan email dari penerbit internasional yang menerbitkan jurnal atau buku. Awalnya sih saya sempet Ge-Er juga, wah ternyata ada juga yang baca tulisan-tulisan saya dan tertarik meminta saya mengirimkan naskah ke mereka. Eeeiiit tapi tunggu dulu, karena pengalaman panjang saya dalam berburu artikel paa bidang saya, saya menjadi sangat hapal nama-nama jurnal internasional yang biasa saya jadikan rujukan, dan jurnal yang meminta nasakah dari saya ini,namanya kok asing ya? bukan hanya itu saja, ternyata setelah ditelusuri, kebanyakan mereka berasal dari India. Untuk penerbit buku sih memang sangat menyakinkan, namanya Lambert Academic Publishing yang berkantor di German. Akhirnya saya putuskan untuk coba untuk cari informasi terkait melalui Mbah Google…

Ternyata,..oh teryata dugaan saya tidak meleset jauh. Mereka memang sengaja mencari penulis dan peneliti junior sebagai sasaran untuk mendapatkan tulisan. Penerbit jurnal biasanya akan meminta fee ukup besar agar artikel kita bisa dimuat di jurnal tersebut. Sayangnya, jurnal tersebut seringkali masuk kategori jurnal predator. Sedangkan untuk kasus penerbit buku, mereka menerbitkan buku kita di berbagai negara melalui situs Amazon dan sejenisnya dan menjual buku kita dengan harga yang tinggi namun kita tidak mendapatkan royalti sepeserpun.

Setelah mendapatkan cukup informasi tentang kasus ini, saya tidak lagi mudah Ge-eR ketika menerima email yang meminta naskah untuk diterbitkan baik dalam bentuk jurnal ataupun buku.

 

Leave a Reply

