Tulisan Perdana Mote


Setiap malam, sesibuk apapun atau secapek apapun, saya selalu menyempatkan menemani Mote membaca sebuah buku. Beberapa hari ini dia, hanya mau membaca satu buku, itu lagi, itu lagi, padahal menurut saya ceritanya enggak seru, enggak asyik, yah gitu deh yang jelas saya belum tahu apa menariknya buku yang tokoh utamanya Dovi dan Piko itu. Akhirnya saya rayu Mote untuk membaca buku ain, tapi rupanya dia bersikeras dengan pilihannya, eh malah dia melontarkan ide, gimana kalau Mote mengarang aja. Ehm,… serius nih, saya tantang deh boleh lah mengarang tapi saya minta sambil ditulis di komputer. Wah, rupanya dia menerima tawaran saya dengan senang hati. Kita sepakat!

Saya pinjamkan notebook, lalu saya tinggal dia menemani Moza yang merengek ingin baca Iqro. Rupanya adiknya yang belum genap 2 tahun juga ingin ikutan, tergopoh-gopoh Mota mengambil ekotak pinsil dari kamar mamasnya, sambil berteriak mengikuti Moza yang sedang baca “Ta, Ba, A, A, Ba, Ta” suara Mota bahkan lebih keras dari suara kakaknya,… he..he..he… ekspresi wajahnya itu lho,….. Lucuuu banget sambil berebut menunjuk huruf hijaiyah di buku bareng kakaknya.

Rupanya cepat juga, Mote menulis, selesai kakak beradik membaca dua halaman Iqro, Mote juga selesai menulis. Lalu saya cek hasilnya,….  ini lho hasil tulisan pertamany:

Karya Mote 1

Tulisan yang belum ada judulnya itu membuat saya terharu, karena sebenarnya Mote sudah sering buat cerita, biasanya lewat gambar-gambar, miripseperti komik, dan ceritanya lebih sering terinspirasi dari film-film yang ditonton, oya film favoritnya adalah Star Wars, saya jadi tahu cerita star wars karena Mote. Tapi ini, dia membuat sebuah tulisan tanpa gambar dan sudah mulai menggunakan bilangan dalam tulisannya, jadi terharu, padahal saya belum pernah mengajari atau mencontohkan hal seperti ini, barangkali gurunya di sekolahlah yang pernah mengajarinya.

Anyway, buat seorang ibu seperti saya,bahagia itu sederhana saja kok. melihat karya perdana anak, melihat antusiasme anak-anak dalam belajar dan bermain sama momonya, atau mendapatkan hujan ciuman dan pelukan dari anak-anak, ah semoga pembaca yang lain pun bisa merasakan apa yang saya rasakan.

Leave a Reply

